30 C
Medan
Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Mengubah ‘Schadenfreude’ Rasa Iri Menjadi Motivasi

MISTAR.ID

Schadenfreude atau rasa iri pada kebahagiaan orang lain, hampir dimiliki oleh orang lain.

Schadenfreude merupakan perasaan iri yang dapat menjurus pada siapapun baik sahabat, kerabat, atau bahkan keluarga. Perasaan iri ini akan berubah menjadi kebahagiaan jika orang yang ia tidak sukai mengalami penderitaan atau kesedihan.

Jika perasaan ini terus menerus ada pada diri anda, yakinlah jika hal itu justru akan membuat anda semakin terpuruk. Apa lagi jika orang yang membuat iri itu justru semakin bersinar.

Tetapi, bukan berarti anda tidak bisa mengendalikannya menjadi sesuatu yang positif. Schadenfreude ini bisa menjadi sebuah motivasi jika dapat dikelola dengan baik, Kawan Puan.

Baca juga: Ingin Menurunkan Berat Badan, 5 Cara Memotivasi Diri untuk Pergi ke Gym

Pada akhirnya schadenfreude menjadi hal positif karena perubahan dalam diri yang mulanya iri ke motivasi. Seperti dilansir dari Bustle.com, begini cara mengelola schadenfreude:

1. Menentukan Hal yang Membuat Iri
Rasa iri yang tumbuh dalam dirimu tentu bukan tanpa alasan. Merasa terancam atau tidak menyukai kepribadian orang tersebut bisa menjadi alasan perasaan iri. Daripada membuat dirimu berada dalam perasaan negatif, ada baiknya jika kamu menentukan hal apa yang membuatmu merasa iri. Tujuannya, agar kita mengetahui diri sendiri dan mencoba jujur ke diri sendiri.

2. Memahami Perasaan
Saat merasa iri, apakah kamu benar-benar memahami bagimana perasaanmu? Oleh karena itu, coba pahami perasaan dirimu sendiri. Setelah kamu mengetahui hal apa yang membuatmu merasa iri, memahami perasan adalah hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan.

3. Tidak Berkecil Hati
Tentunya setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu pula dengan orang lain yang mungkin mendapat sebuah kesuksesan dengan bakat mereka. Meski begitu, Kawan Puan tidak perlu berkecil hati karena Kawan Puan bisa mengembangkan bakatmu lebih dari yang mereka lakukan. Perlu diingat juga bahwa bakat setiap orang berbeda, jadi jangan berkecil hati.

4. Percaya Pada Diri Sendiri
Kunci lain untuk mengubah schadenfreude menjadi motivasi adalah dengan percaya pada diri sendiri. Kawan Puan harus percaya diri bahwa kamu juga mampu mendapatkan hal-hal yang diinginkan tanpa harus merasa sedih akan pencapaian dan kebahagiaan orang lain. Percayalah dengan dirimu bahwa kamu mampu dan bisa meraih apapun mimpi yang ingin dicapai.

5. Pahami Kerja Keras
Orang Lain Kerja keras adalah hal utama untuk meraih hal yang diinginkan. Memahami kerja keras orang lain bisa menjadi cara untuk mengubah schadenfreude menjadi motivasi. Untuk itu fokuslah untuk mengembangkan diri dan berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

6. Ubah Rasa Iri Menjadi Kagum

Daripada memendam iri terus-menerus hingga membuatmu bersaing, ada baiknya jika kamu mengatakan kekaguman pada mereka. Kita bisa menanyakan pada mereka bagaimana cara mereka untuk bisa mencapai posisi seperti saat ini.

Baca juga: Agnez Mo, Rasakan Pahit Dan Sendirian Sebelum Go Internasional

7. Pahami Kekuatan Diri
Jika kamu merasa iri dengan seseorang, ingatlah bahwa setiap orang mencapai hal yang mereka inginkan dengan cara berbeda. Begitu pula dengan diri sendiri, kalian perlu memahami sebarapa kuat dirimu untuk mencapai sesuatu diinginkan. Memahami kekuatan diri akan membuat anda merasa termotivasi dan terhindar dari perasaan iri.

Demikian beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengubah perasaan iri menjadi sebuah motivasi. Semoga membantu! (kompas/mistar)

 

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: