23.9 C
Medan
Saturday, January 29, 2022
spot_img

Kapan saatnya Anda Butuh ‘Me Time’?

MISTAR.ID

Perasaan bosan, ingin menikmati kesendirian, hanya sekedar ngopi, atau berenang. Hmmm… Ada kalanya Anda memang memerlukan waktu sendiri, tanpa pasangan, keluarga, sahabat atau anak-anak.

“Ini sebenarnya adalah proses yang sangat penting untuk memberikan diri kita waktu dan ruang sendirian untuk menarik diri, mengerjakan sesuatu atau hanya memutuskan hubungan dari segala sesuatu di sekitar kita untuk benar-benar bersantai dan menjadi terpusat,” kata Nikki Martinez, psikolog, seperti dikutip Bustle.

Kondisi pandemi seperti sekarang membuat sebagian orang mengalami perubahan mood, kesepian dan rindu akan kawan-kawan tongkrongan. Namun perlu diteliti lagi, mungkin Anda sedang memerlukan waktu sendiri. Apa saja tanda-tandanya?

Baca juga: Marilyn Lie Mendobrak Keterbatasan Untuk Pengabdian

Berikut tanda Anda memerlukan waktu sendiri atau me time.

1. Takut dengar dering ponsel
Dering telepon atau pesan kadang menimbulkan rasa penasaran dan antisipasi akan suatu kejutan. Namun untuk kali ini dering ponsel justru membuat Anda ngeri atau ketakutan. Anda seperti merasakan dorongan untuk melempar ponsel itu jauh-jauh.

Konselor klinis Paula Anderson berkata tidak ingin menjawab telepon meski sedang sempat, berarti Anda perlu waktu sendiri.

2. Tak ada yang menyenangkan
Salah satu indikator Anda memerlukan waktu sendiri adalah saat segala sesuatunya tidak lagi menyenangkan. Serial yang biasanya antusias ditunggu jam penayangannya, kini jadi biasa saja. Musik yang menghentak dan bawa semangat, efeknya tak lagi sama.

3. Marah akan hal kecil
Anda tidak sedang pre-menstrual syndrome (PMS) tetapi entah kenapa ada saja hal kecil yang memancing kemarahan. Anda tidak bisa menahan diri untuk tidak marah pada pasangan yang lama membalas pesan.

Mungkin juga Anda mengomel pada pengemudi ojek daring karena pesanan yang tak kunjung tiba. Faktanya, mereka tidak layak mendapat omelan Anda.

Baca juga: Awas Gangguan Kesehatan Mental terhadap Jurnalis, ini yang Harus Dilakukan

“Ini Anda yang perlu mengambil waktu sendiri dan marah akibat kesulitan mendapatkannya dilimpahkan pada orang lain,” kata Martinez.

4. Ingin makan apa saja
Makanan enak memang bisa membuat mood lebih baik. Namun, menurut Healthline, saat Anda ngidam banyak makanan atau ingin makan apapun berarti ini alarm untuk memeriksa diri.
Mengambil waktu untuk sendiri berarti Anda memberikan kesempatan untuk mengenali kebutuhan diri Anda. Mungkin sebenarnya bukan makanan yang Anda inginkan melainkan mandi air hangat supaya rileks dan membaca buku sembari menyeduh teh chamomile.

5. Tidak menikmati waktu bersama orang lain
Berdua, bersama pasangan, mungkin terasa lebih baik daripada sendiri. Jika dalam suatu waktu Anda merasa keberadaan si dia malah mengganggu, maka Anda perlu waktu untuk sendiri.

Mungkin pula dalam kasus berbeda, Anda tidak menikmati kebersamaan saat videocall ramai-ramai bersama sahabat.

“Ketika kita tidak memiliki keseimbangan waktu sendirian dan waktu yang sama di mana ada keterhubungan, kita sebenarnya kita menikmati waktu bersama orang lain. Mencapai keseimbangan itulah yang memungkinkan kita menikmati keduanya sepenuhnya,” ujar Martinez.

6. Sakit
Laura Powers, life coach dan paranormal, berkata saat tubuh tidak mendapat waktu, yang terjadi adalah tubuh memaksa untuk mendapatkan porsinya. Mungkin Anda merasa tidak enak badan, batuk, pilek yang memaksa Anda untuk istirahat.

Ini terasa buruk di tengah tumpukan tugas tetapi anggap saja ini petunjuk bahwa Anda perlu waktu sendiri dan istirahat.

7. Lelah meski tidur cukup
Tidur selama 7-8 jam semalam ternyata tidak otomatis membuat tubuh segar seharian. Yang ada, bangun tidur tubuh terasa lelah. Ini bisa jadi pertanda Anda perlu waktu sendiri.

“Sama seperti sakit, tubuh kita akan bereaksi ketika kita tidak mendapatkan apa yang kita perlukan,” ujar Powers.

Tidur jadi momen Anda benar-benar sendirian dan ini cara paling sederhana memberikan waktu sendiri buat tubuh. Anda pun bisa menambah porsinya dengan tidur siang atau napping. (cnn/hm06)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: