25 C
Medan
Saturday, May 21, 2022
spot_img

5 Hal yang Diakibatkan oleh Patah Hati

Patah hati adalah metafora umum yang digunakan untuk menjelaskan sakit emosional atau penderitaan mendalam yang dirasakan seseorang setelah kehilangan orang yang dicintai, melalui kematian, perceraian, putus hubungan, terpisah secara fisik atau penolakan cinta. Patah hati bisa menjadi pengalaman yang mengubah hidup seseorang, bahkan terkadang juga bisa sampai menghancurkan hidup seseorang.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa patah hati dapat memberi pengaruh yang negatif terhadap kesehatan mental dan fisik seseorang.

Ketika seseorang mengalami patah hati, otak akan mulai berfungsi sama seperti ketika mengalami rasa sakit fisik. Sistem saraf utama kita yaitu sistem saraf simpatik dan parasimpatik mulai berfungsi secara simultan menyebabkan sensasi yang menyakitkan. Patah hati juga bisa sampai menyebabkan serangan jantung atau stroke pada seseorang.

Setidaknya ada 5 hal utama yang dapat diakibatkan patah hati bagi kesehatan kita

Tidak memiliki motivasi hidup

Ketika seseorang merasakan penderitaan emosional, ia akan kehilangan seluruh minat dan fokus , baik di tempat kerja, perkumpulan sosial ataupun dalam kehidupan pribadinya. Berkurangnya motivasi di setiap aspek kehidupan seseorang, mengakibatkan terganggunya komunikasi antar personal, depresi, kecemasan, perubahan mood dan sikap apatis.

Imunitas menurun dan jatuh sakit

Hormon stres dapat mempengaruhi sistem imun tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang menurun ini sering ditambah dengan kurangnya nafsu makan dan mengakibatkan tubuh menjadi rentan terhadap virus dan bakteri . Stres dapat membawa darah ke organ-organ vital kita, sehingga mengakibatkan perut merasakan sensasi seperti sakit, konstipasi, diare, dan gejala salah pencernaan lainnya, seperti kram di perut, mual dan muntah. Saat kita mengalami perpisahan, tubuh mengalami stres akut sehingga bisa memiliki efek merugikan tubuh.

Bertambah atau kehilangan BB

Turun atau naik beratnya badan merupakan hal yang umum ketika kita mengalami patah hati. Ketika mau mengatasi patah hati , seseorang mungkin tidak makan ataupun makan secara berlebihan. Dalam kondisi tertentu stres memicu meningkatkan hormon kortisol. Perubahan hormon ini mempengaruhi perubahan selera . Kita merasa cemas yang berlebihan , mengakibatkan makanan menjadi susah dicerna dan tidak berselera. Ketika stres, ada juga yang mulai makan tanpa berpikir dan mengkonsumsi gula secara berlebihan, untuk membuat pikiran teralihkan dan menjadi nyaman. Hal inilah yang membuat seseorang menjadi gemuk.

Masalah kulit

Masalah kulit adalah juga masalah yang sangat umum dijumpai ketika seseorang patah hati. Mula-mula mungkin kita akan mengalami ruam ruam kulit yang diakibatkan stres yang membuat perubahan hormonal dalam tubuh. Kulit menjadi berjerawat, dan ada juga yang bisa terkena penyakit kulit lainnya seperti eksema dan psoriasis. Dikarenakan kebiasaan makan yang tidak teratur , bisa menjadi kekurangan air, hal ini bisa mempengaruhi kulit menjadi kering dan gatal gatal . Patah hati adalah situasi emosional yang sangat tertekan, ia dapat mengakibatkan ketidakseimbangan bakteri dalam pencernaan. Ketidakseimbangan inilah yang mengakibatkan kulit kita menjadi gatal gatal dan timbul ruam ruam .

Insomnia

Apakah kamu mengalami susah tidur ketika patah hati? Orang yang mengalami patah hati akan selalu merasa sangat pusing dan lelah hal ini dikarenakan pikirannya tidak berhenti sepanjang hari. Kita akan mulai berpikir yang tidak tidak dan tidak bisa tidur nyenyak di malam hari, memikirkan tentang hal yang menyebabkan patah hati, dan bagaimana cara untuk memperbaikinya. Pikiran menjadi tidak beristirahat, sehingga membuat kita tidak peka terhadap sekeliling, hal ini mulai memicu insomnia. Kita tidak lagi bisa tidur kecuali mengkonsumsi obat-obatan. Selain itu juga memiliki resiko tinggi terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan lainnya.

Oleh karena itu dalam mengatasi stres, cobalah untuk mencari teman bicara atau seorang konselor, keluarkan pikiran negatif itu semua. Kamu dapat keluar bersama dengan teman dan keluarga, menghabiskan waktu dengan bergabung bersama mereka. Tinggalkan semua stres, berliburlah dan nikmati hidup kamu di sekeliling orang orang yang baru .

Sumber : Doctor ASKY
Penerjemah : Gustina Hong
Editor : Rika Yoesz

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: