9.1 C
New York
Saturday, April 20, 2024

Pengemudi Dengan Jendela Terbuka Lebih Terpapar Polusi Udara Hingga 80 Persen

MISTAR.ID
Pengemudi yang membuka jendela mereka terkena polusi udara 80 persen lebih besar. Para pengguna mobil dari negara berkembang di dunia terpapar polusi udara dalam jumlah yang tidak proporsional, karena mereka sangat bergantung pada jendela yang terbuka untuk ventilasi, Ini sebuah studi dari Universitas Surrey.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), polusi udara diperkirakan membunuh tujuh juta orang di seluruh dunia setiap tahun, dan sembilan dari 10 orang menghirup udara dengan tingkat polutan yang tinggi.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal Science of the Total Environment, tim peneliti global yang dipimpin Surrey Global Center for Clean Air Research (GCARE) menyelidiki tingkat paparan polusi udara untuk komuter di 10 kota global yang berbeda yakni, Dhaka (Bangladesh), Chennai (India), Guangzhou (Cina), Medellín (Kolombia), São Paulo (Brasil), Kairo (Mesir), Sulaymaniyah (Irak), Addis Ababa (Ethiopia), Blantyre (Malawi), dan Dar-es-Salaam (Tanzania).

Tim peneliti menyelidiki tingkat paparan PM 2.5 (atmospheric particulate matter atau partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2.5 mikron) dan PM 10 di dalam kendaraan selama jam sibuk di pagi dan sore hari, serta di luar jam sibuk di tengah hari. Para ilmuwan mengukur bagaimana tingkat eksposur berubah ketika pengemudi menggunakan sistem resirkulasi, kipas angin, dan hanya membuka jendela.

Baca Juga:Pengemudi Ojek Galang Dana Untuk Bayi Penderita hydrocephalus

Studi tersebut menemukan bahwa pengemudi di beberapa kota termiskin di dunia mengalami tingkat polusi dalam mobil yang lebih tinggi.

Terlepas dari model kota dan mobil yang digunakan, pengaturan jendela terbuka menunjukkan eksposur tertinggi, diikuti oleh kipas dan resirkulasi. Paparan polusi untuk jendela yang terbuka selama jam sibuk adalah 91 persen dan 40 persen lebih sedikit dari jam sibuk pagi dan sore hari.

Studi tersebut juga menemukan, bahwa pengaturan jendela terbuka membuat penumpang mobil terkena hotspot polusi udara, hingga sepertiga dari total panjang perjalanan.

Studi tersebut menemukan bahwa komuter yang mengaktifkan resirkulasi terpapar partikel berbahaya sekitar 80 persen lebih sedikit daripada mereka yang membuka jendela mobil. Filter kabin mobil lebih efektif dalam menghilangkan polusi daripada partikel halus, menunjukkan bahwa jika mobil baru memiliki filter yang lebih efisien, filter ini dapat mengurangi paparan keseluruhan penumpang mobil.

Profesor Prashant Kumar, Direktur GCARE di Universitas Surrey mengatakan, “Kita membutuhkan lebih banyak kendaraan ramah lingkungan untuk mengurangi paparan polusi udara. Saat ini banyak ODA mobil ber-AC tidak terjangkau oleh banyak penumpang miskin dan rentan di seluruh dunia, namun data kami jelas dan koheren untuk 10 kota yang berpartisipasi”.

“Kami sekarang harus bekerja dengan mitra global kami untuk memastikan mereka memiliki informasi yang diperlukan untuk menerapkan program, kebijakan, dan strategi untuk melindungi yang paling rentan di komunitas kita dan menemukan solusi realistis untuk masalah serius ini,” kata dia.

Baca Juga:Kantor Gojek di Kompleks CBD Polonia Medan, Digeruduk Ratusan Pengemudi Gojek

Profesor Abdus Salam dari Universitas Dhaka mengatakan, “Studi ini telah menarik kesimpulan penting yang dapat membantu komuter membuat keputusan dalam kehidupan sehari-hari mereka untuk melindungi kesehatan mereka. Pilihan sederhana, seperti bepergian di luar jam sibuk, dapat dilakukan, jauh untuk mengurangi paparan mereka terhadap polusi udara”.

Profesor Adamson S Muula dari Universitas Malawi mengatakan, “Bekerja dengan tim GCARE dan kolaborator global dalam studi ini merupakan pengalaman yang penuh wawasan. Kami diberi akses ke teknologi yang terjangkau untuk mengumpulkan kumpulan data baru yang belum tersedia untuk kota-kota di bagian dunia ini. Kami juga harus melihat posisi kota kami dibandingkan dengan kota global lainnya di negara berkembang. Hal ini memungkinkan untuk berbagi pengetahuan dan praktik terbaik yang sangat dibutuhkan”.

Sementara, Profesor David Sampson, Wakil Rektor Pro untuk Riset dan Inovasi di Universitas Surrey berkata, “Saya memuji Profesor Kumar dan tim GCARE-nya atas kepemimpinan global mereka yang berkelanjutan dalam tantangan kualitas udara di seluruh dunia. Penelitian kolaboratif tim GCARE mewakili terbaik di kelasnya, mengambil bukti dari sains berkualitas dan mengubahnya menjadi kebijakan terdepan untuk kebaikan semua orang”.(sciencedaily/ja/hm10)

Related Articles

Latest Articles