31.7 C
Medan
Thursday, January 27, 2022
spot_img

Mendongengkan Anak Sebelum Tidur, ini Manfaatnya

Jakarta, MISTAR.ID

Meski si kecil tidak mengerti semua yang kita katakan atau bacakan, tapi membacakan buku cerita atau mendongengkan anak memiliki banyak manfaat bagi dirinya.

Sayangnya rutinitas mendongengkan anak sebelum tidur kini sudah mulai ditinggalkan para orangtua. Padahal, menurut berbagai riset mendongengkan anak memiliki berbagai keistimewaan untuk pertumbuhan dirinya.

Membacakan dongeng bukan hanya aktivitas yang menyenangkan untuk orangtua dan anak. Ada beberapa manfaat besar dari mendongengkan anak saat menjelang tidur, bahkan jika ceritanya selalu sama setiap harinya. Ibu bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan psikologis anak melalui cerita-cerita yang dibacakan.

Baca Juga:Ini 4 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak di Saat Pandemi

Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapatkan anak dari mendengarkan dongeng ini?

Membangun Ikatan

Manfaat mendongengkan anak yang pertama adalah mampu membangun ikatan antara ibu dan anak. Membacakan dongeng dengan anak dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat, terlebih saat menjelang tidur. Menariknya lagi, ketika mendengar suara orangtuanya saat membacakan buku cerita, anak-anak akan merasa lebih tenang.

Merangsang Perkembangan Otak

Dengan membacakan dongeng pada anak sebelum tidur, ibu dapat membantu untuk merangsang perkembangan otaknya. Sebuah penelitian menyebutkan jika anak yang rutin didongengkan oleh ibunya, kelak akan memiliki kosakata yang lebih kaya dan kemampuan yang berhubungan dengan hitungan juga lebih cakap di masa depan.

Baca Juga:Aturan 20:20 Demi Kesehatan Mata Anak Saat Belajar Via Gawai

Merangsang Kemampuan Berbicara

Kemampuan bicara anak juga dapat terangsang saat rutin mendengarkan dongeng sebelum tidur. Bayi atau anak yang rutin mendengar dongeng sudah cukup banyak mempelajari tentang kosakata dan siap untuk berbicara.

Melatih Respon Anak

Mendongengkan bayi atau anak bisa melatih responnya. Sebelum bisa berbicara, bayi bisa merespon suara ibu lewat gerakan tangan dan kakinya. Nah, respon dan rangsangan inilah yang bisa mengaktifkan berbagai sel-sel saraf dalam otak bayi lebih cepat dan merangsang responnya.

Merangsang Imajinasi dan Kreativitas

Mendongengkan sebelum tidur juga baik untuk merangsang imajinasi dan kreativitasnya. Sebab saat mendengarkan cerita, ia akan berimajinasi mengenai alur cerita yang dibacakan oleh orangtuanya.

Baca Juga:Vaksin Covid-19 Bio Farma, Solusi Cegah Anak Terinfeksi Virus

Jika dibiasakan, hal ini akan mengajarkannya untuk berpikir cepat dan kreatif. Selain itu, membaca cerita sebelum tidur juga bisa meningkatkan IQ si anak, termasuk mempertajam daya ingatnya.

Mengasah Keterampilan Mendengar

Manfaat mendongeng juga bisa mengasah indra pendengarannya. Sebab untuk memahami isi dari buku yang didongengkan, ia harus mendengarkan cerita yang orangtuanya sampaikan. Hal inilah yang bisa mengasah kemampuan mendengar serta meningkatkan komunikasi yang baik antara orangtua dan anak. (hldc/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: