24.1 C
Medan
Wednesday, August 10, 2022
spot_img

Vaksin BCG Obat Corona? Begini Penjelasan WHO

Jakarta, MISTAR.ID

Para peneliti obat-obatan tak henti ‘berburu’ untuk menciptakan vaksin virus corona (Covid-19). Bahkan sejumlah vaksin yang sudah lama ada, kembali diuji penggunaannya untuk obat pandemi itu.

Teranyar, vaksin Bacillus Calmette-Guerin (BCG) diklaim oleh sejumlah peneliti dapat dipakai untuk pengobatan pasien yang terinfeksi Covid-19. Pada umumnya vaksin BCG lebih dikenal sebagai vaksin untuk melawan Tuberkulosis atau penyakit TBC.

Contohnya, penelitian oleh otoritas kesehatan Australia Selatan yang mengikutsertakan ratusan staf rumah sakit untuk diberikan vaksin BCG yang dipercaya dapat meningkatkan imunitas terhadap virus corona.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun buka suara perihal ini, bahwa ia tidak merekomendasikan bagi negara untuk menerapkan penggunaan vaksin BCG untuk menangkal virus corona. Alasannya karena belum ada bukti kuat.

“Karena absennya bukti, WHO tidak merekomendasikan vaksin BCG untuk cegah Covid-19. WHO tetap merekomendasikan vaksin BCG ini untuk bayi di negara yang tingkat kejadian tuberkulosisnya tinggi,” tulis akun Twitter resmi WHO.

“Vaksin BCG bisa mencegah infeksi tuberkulosis parah pada anak-anak. Oleh sebab itu bila ada pengalihan suplai lokal kemungkinan bayi jadi tidak bisa imunisasi dan ini akan meningkatkan angka penyakit dan kematian karena tuberkulosis,” lanjut WHO.

WHO juga mengatakan kalau saat ini sudah ada dua uji klinis yang sedang berlangsung untuk membahas manfaat vaksin BCG terhadap virus corona, namun pihaknya harus terlebih dahulu mengevaluasi bukti ketika itu sudah tersedia.*

Sumber : CNN Indonesia
Editor : Herman

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: