25 C
Medan
Monday, October 25, 2021
spot_img

Tes IVA, Pemeriksaan Kanker Serviks Sejak Dini

Karo, MISTAR.ID

Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kabupaten Karo menggelar bhakti sosial pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) test di Puskesmas Korpri, Kecamatan Berastagi, Jumat (10/9/21). Kegiatan itu sebagai upaya mendeteksi dini demi mewujudkan wanita Indonesia khususnya Kabupaten Karo agar bebas kanker rahim.

IVA Test adalah pemeriksaan leher rahim yang juga bisa digunakan sebagai pendeteksi pertama sehingga menjadi solusi terbaik sehingga masyarakat diharapkan dapat mengetahui cara mengantisipasi penyakit tersebut.

Ketua YKI Kabupaten Karo Ny Vera Rika Theopilus Ginting menyebutkan, pelaksanaan IVA test ini sangat penting bagi kaum perempuan untuk mendeteksi dini sekaligus mencegah pertumbuhan kanker serviks dan mulut rahim pada kaum perempuan.

Baca Juga:Ini 4 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak di Saat Pandemi

“IVA test tidak akan menimbulkan rasa sakit dan dinilai efektif mendeteksi dini kanker serviks,” kata Ketua YKI Kabupaten Karo.

Ketua Yayasan YKI, Ny Vera Rika Theopilus Ginting mengatakan, dengan adanya program ini memberikan edukasi dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Karo yang dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam pengendalian kanker dan menekan pertumbuhan kanker tersebut.

Sementara Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program pertama YKI yang baru terbentuk di Kabupaten Karo sehingga dapat mencegah perkembangan penyakit kanker di Kabupaten Karo.

“Kami berharap kegiatan ini terus berkesinambungan, terutama untuk mencegah perkembangan penyakit kanker di Kabupaten Karo. Pemerintah siap mendukung kegiatan ini,” kata Wakil Bupati Karo. (kia/hm12)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: