22.5 C
Medan
Monday, December 6, 2021
spot_img

Tak Perlu Obat, Ini Cara Redakan Asam Lambung

Jakarta, MISTAR.ID

Refluks asam lambung bisa terasa tidak nyaman. Namun kamu bisa meringankan gejalanya dengan mengubah gaya hidup dan melakukan pengobatan rumahan, meski tanpa obat dari dokter.

Refluks asam terjadi ketika asam lambung mengalir ke atas ke kerongkongan, sehingga menyebabkan rasa sakit di dada dan tenggorokan. Dan terkadang, hal ini juga bisa menyebabkan sesak napas.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengobati refluks asam lambung di rumah:

Baca Juga:Waspadai ‘Silent Reflux’, Saat Asam Lambung Naik Diam-diam yang Mengganggu Pernafasan

1. Tinggikan tubuh bagian atas saat tidur

Refluks asam lambung seringkali bertambah parah saat malam hari. Penyebabnya, ketika tubuh berbaring akan lebih mudah untuk asam lambung mengalir ke kerongkongan. Untuk mengatasinya, kamu dapat membiarkan kepala dan bahu tetap tegak. Misalnya saja dengan meninggikan bantal pada saat tidur.
“Cara ini dapat membantu membersihkan apapun masuk ke kerongkongan,” kata Jacqueline Wolf, MD, ahli gastroenterologi dan profesor di Beth Israel Deaconess Medical Center.

2. Mengunyah licorice

Licorice adalah ramuan yang telah lama digunakan untuk membantu menenangkan penyakit perut. Licorice berfungsi untuk mengobati refluks asam, karena membantu mengurangi peradangan pada kerongkongan. Jika tidak menemukan licorice, kamu juga bisa memilih jahe dan chamomile untuk meredakan refluks asam lambung.

3. Konsumsi makan sedikit tapi sering

Mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar dapat menyebabkan tekanan lebih besar pada sfingter yang berfungsi untuk memisahkan kerongkongan dengan perut. Dengan makan dalam porsi besar, sfingter akan lebih mungkin untuk membuka dan membiarkan asam mengalir sampai ke kerongkongan. Untuk itu, makan dalam porsi yang kecil dapat membantu meringankan gejala refluks asam lambung.

Baca Juga:Kunyit Ampuh Obati Asam Lambung

4. Batasi konsumsi kopi

Mengurangi atau menghilangkan asupan kopi harian juga dapat membantu mengurangi refluks asam lambung. Sebab, ketika kamu minum kopi, perut akan terpicu untuk menghasilkan lebih banyak asam yang pada akhirnya akan naik sampai kerongkongan. Kafein dalam kopi juga dapat menyebabkan sfingter melebar, sehingga apa yang ada dalam perut bisa naik ke kerongkongan.

5. Hindari makanan pemicu

Beberapa makanan tertentu bisa memicu terjadinya refluks asam. Beberapa makanan yang bisa menjadi pemicu di antaranya adalah keju, gorengan, makanan yang diproses, daging berlemak, cokelat, bubuk cabai, dan pizza. (medcom/hm12)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: