22.5 C
Medan
Monday, December 6, 2021
spot_img

Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Mental

Jakarta, MISTAR.ID

Gangguan kesehatan mental tidak saja berbahaya bagi diri sendiri, namun lebih dari itu, ia bisa sangat berbahaya bagi orang lain, seperti yang terjadi akhir-akhir ini. Ia bahkan bisa mengancam jiwa hingga meregut nyawa.

Olahraga yang kita kenal memberikan manfaat untuk kebugaran dan kesehatan fisik, ternyata juga baik untuk kesehatan mental dan fungsi kognitif. Banyak studi telah membuktikan bahwa olahraga bermanfaat untuk kesehatan mental. Workout dengan intensitas ringan hingga sedang yang teratur dapat mengurangi gejala-gejala terkait gangguan kesehatan mental.

Olahraga dapat meningkatkan energi dan motivasi. Selain itu, olahraga juga berkaitan dengan ketahanan emosi dan bersikap.

Baca juga:Indahnya Medan, Ada Olahraga Sambil Beramal

Berikut manfaat olahraga untuk kesehatan mental:

1. Mengurangi gejala depresi
Studi yang dipublikasikan di American Journal of Psychiatry menunjukkan 12 persen kasus depresi baru dapat dicegah jika seluruh populasi berolahraga setidaknya satu jam setiap minggu.

Dikutip dari Live Science, pada orang yang sudah depresi, olahraga juga efektif mencegah gejala yang parah maupun ringan. Penelitian dari Duke University menunjukkan olahraga sama efektifnya dengan mengonsumsi antidepresan. Olahraga dapat mengurangi gejala depresi hingga 70 persen.

2. Mengatasi gejala kecemasan
Olahraga juga mampu mengurangi gejala kecemasan yang kerap muncul tiba-tiba. Studi meta-analisis dari 12 studi menunjukkan bahwa olahraga dapat mencegah munculnya gejala kecemasan.

Menurut peneliti, hal ini terjadi karena kecemasan berhubungan dengan adrenalin dan kortisol yang membuat otot menegang. Olahraga mampu mengendurkan otot-otot tersebut serta mengalihkan perhatian dari hal-hal yang memicu kecemasan.

3. Memperbaiki perilaku
Studi pada anak-anak menunjukkan olahraga dapat memperbaiki perilaku mereka. Mulai dari bekerja lebih baik, mengurangi agresivitas, dan lebih bertanggung jawab terhadap tindakan mereka. Manfaat perilaku ini juga bisa didapatkan oleh orang dewasa.

4. Mengurangi kesepian
Aktivitas fisik yang teratur dapat menghilangkan rasa kesepian dan membuat orang lebih mudah terhubung dengan lingkungan sekitar. Studi menunjukkan manfaat jangka panjang olahraga dapat meningkatkan kualitas dan kepuasan hidup.

Baca juga:Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

5. Meningkatkan self-esteem
Olahraga juga mempengaruhi kepercayaan diri dan harga diri atau dikenal dengan self-esteem. Penelitian menunjukkan orang yang berolahraga dengan rutin memiliki self-esteem dan persepsi diri yang lebih positif. Kualitas hidup pun ikut meningkat seiring dengan self-esteem dan persepsi diri yang membaik.

Nah, setiap orang dewasa direkomendasikan untuk olahraga 30-60 menit setiap hari dengan intensitas ringan hingga sedang, lima kali dalam seminggu atau akumulasi 150 menit dalam seminggu. Olahraga yang teratur dapat membantu mencegah depresi. (cnn/hm06)

 

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: