27 C
Medan
Monday, October 3, 2022
spot_img

Obesitas Dapat Mengubah Respons Sistem Kekebalan Terhadap Covid-19

MISTAR.ID–Obesitas dapat menyebabkan respons sistem kekebalan hiperaktif terhadap infeksi Covid-19 yang membuatnya sulit untuk melawan virus, menurut sebuah manuskrip baru yang diterbitkan dalam jurnal Endocrine Society, Endocrinology .

Obesitas tidak hanya menyebabkan masalah seperti penyakit jantung dan diabetes, tetapi juga mempengaruhi sistem kekebalan dalam banyak hal. Obesitas menyebabkan aktivasi kronis tingkat rendah dari beberapa bagian sistem kekebalan. Ketika seseorang dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya dihadapkan pada infeksi, ini dapat menyebabkan hiper-aktivasi sistem kekebalan, tetapi dengan cara yang merugikan yaitu tidak melawan infeksi.

“Pandemi Covid-19 telah membuat kita sadar akan interaksi kompleks antara obesitas dengan penyakit menular, dan kesenjangan pemahaman kita tentang bagaimana kondisi kesehatan kronis memengaruhi respons kekebalan kita terhadap infeksi akut,” kata penulis studi terkait, Durga Singer, MD., dari University of Michigan di Ann Arbor, Mich.

Baca Juga: Cek Lagi, Apakah Pemindai Termal Ke Dahi Cara Terbaik Memeriksa Demam?

“Bukti terbaru telah menyoroti bagaimana salah satu bagian dari sistem kekebalan, makrofag (sel yang bertanggung jawab untuk mendeteksi dan menghancurkan sel patogen), mungkin menjadi penyebab utama penyakit Covid-19 yang parah. Naskah kami berfokus pada apa yang sudah diketahui tentang interaksi obesitas, makrofag, dan infeksi lain seperti influenza. Temuan ini menyoroti pentingnya pemahaman tentang bagaimana obesitas dapat berinteraksi dengan obat atau vaksin baru yang dikembangkan untuk Covid-19. ”

Dalam ulasan kali ini, penulis memaparkan dampak obesitas terhadap sistem kekebalan tubuh. Mereka membahas respons kekebalan tidak teratur yang disebabkan oleh obesitas yang mendorong cedera organ pada infeksi Covid-19 yang parah dan mengganggu kemampuan seseorang untuk melawan virus.(ScinceDaily/ja/hm02)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Puluhan Mobil di Kompleks Mutiara Residence Deli Serdang Dirusak OTK

Medan, MISTAR.ID Sejumlah mobil yang terparkir di halaman dan garasi rumah warga di Kompleks Mutiara Residence Jalan Rumah Sakit Haji, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut...

Keluarga Buruh Bongkar Muat di Tanjungbalai Terima Tali Asih

Tanjungbalai, MISTAR.ID Sebagai salah satu bentuk rasa kepedulian sosial, dokter Milvan Hadi SpOG yang merupakan pemerhati sosial dan putra asal Tanjungbalai mengunjungi keluarga almarhum Ismail...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: