Manfaat Bawang Putih Tunggal Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Tunggal Bagi Kesehatan
Ilustrasi bawang putih tunggal. (f:kompas/mistar)

MISTAR.ID

Selain rasanya yang enak, bawang putih tunggal ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Bahkan, kali ini, bawang putih tunggal sedang ramai dibicarakan karena dianggap rasanya enak jika dikombinasikan dengan saus sriracha dan cabai.

Jumlah panen bawang putih tunggal yang tidak terlalu banyak, membuat bawang putih tunggal sering diawetkan dengan cara diacar. Dilansir dari media, perbandingan panen bawang putih biasa dengan bawang putih tunggal adalah 1000:1. Tak heran, banyak yang menjualnya sebagai acar ketimbang dijual segar. Bawang putih tunggal adalah bawang putih bulat berukuran kecil hanya 2-5 sentimeter saja.

Rasa dan aromanya kuat. Kulitnya berwarna putih keunguan. Bawang tunggal hanya terdiri dari satu siung saja. Bawang putih banyak dicari orang untuk mendapatkan khasiatnya bagi kesehatan. Berikut manfaat bawang putih tunggal bagi tubuh.

Baca Juga:Ini Enam Hal Agar Kulit Tetap Sehat Selama Berpuasa

Menurunkan kolesterol

Memakan satu siung bawang putih tunggal setiap pagi bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah.

Menurunkan tekanan darah

Bawang putih tunggal mengandung 17 asam amino, 33 komponen sulfur, dan 200 enzim yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Manfaatnya adalah bermanfaat merelaksasi pembuluh darah, sehingga tekanan darah menurun.

Menurunkan kadar lemak dalam darah

Bawang putih tunggal bermanfaat untuk mengurangi lemak dalam darah. Mengurangi lemak dalam darah bisa mengurangi gumpalan dalam pembuluh darah yang bisa menyumbat pembuluh darah.

Asma

Mengonsumsi bawang putih tunggal juga dipercaya bisa mengobati asma dan infeksi saluran nafas.

Baca Juga:Ingin Sehat, Tenaga Pendidik di Medan Ikuti Vaksinasi Drive Thru

Penyakit hepatotoksik oksidatif akut

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di NCBI pada 18 Agustus 2017 silam membuktikan bahwa ekstrak bawang putih tunggal memiliki kadar antioksidan yang tinggi dibandingkan bawang putih biasa. Ekstrak bawang putih yang menunjukkan adanya kemampuan memperbaiki penyakit liver pada kelinci. Penelitian tersebut memiliki ide untuk menjadikan bawang putih tunggal sebagai pilihan perawatan hepatotoksik oksidatif akut. Tingginya antioksidan dalam bawang putih tunggal juga dipercaya bisa mengurangi hingga 50% resiko terkena kanker.

Antibakteri dan anti jamur

Bawang putih tunggal mengandung zat bernama Allicin. Allicin adalah zat anti jamur dan antibakteri. Saat ini Allicin sedang diteliti kegunaannya untuk mengatasi limpoma folikular.

Mengontrol diabetes

Mengonsumsi 2-3 siung bawang putih tunggal dipercaya mampu mengurangi gula darah. Kombinasi Allicin dan vitamin B dipercaya bisa meregulasi insulin dalam darah. Maka dari itu, bawang putih tunggal bisa membantu mengontrol diabetes.

Itu dia manfaat bawang putih tunggal. Anda suka makan bawang putih tunggal dengan cara apa, langsung atau dicampur saus? Selamat mencoba. (kompas/hm12)