30 C
Medan
Saturday, May 28, 2022
spot_img

Kenali Hiperkolesterolemia untuk Penanganan Tepat

MISTAR.ID

Bukan rahasia lagi, menu Lebaran yang kaya lemak dan santan rentan memicu naiknya kadar kolesterol dalam darah. Kenali beberapa tanda kolesterol tinggi agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Kondisi tingginya kadar kolesterol disebut juga dengan istilah medis hiperkolesterolemia. Kondisi ini membuat lemak menumpuk dan mempersulit aliran darah di arteri. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa memicu masalah yang lebih serius pada jantung dan otak.

Pada dasarnya, kadar kolesterol yang tinggi tak memperlihatkan gejala yang kentara. Gejala umumnya muncul saat sudah memicu kerusakan pada jantung dan otak.
Misalnya, pada kasus yang menyebabkan hipertensi, kolesterol tinggi bisa membuat Anda merasa kelelahan, sulit bernapas, sakit kepala, masalah penglihatan, detak jantung tak teratur, dan nyeri dada.

Baca juga:5 Buah yang Bisa Turunkan Kolesterol Setelah Lebaran

Sementara pada kasus yang berhubungan dengan masalah jantung, kolesterol tinggi bisa memperlihatkan gejala:

  • Nyeri dada
  • Mual
  • Kelelahan ekstrem
  • Sesak napas
  • Nyeri leher dan rahang
  • Nyeri perut bagian atas atau punggung,
  • Mati rasa.

Mengutip Healthline, tanda kolesterol tinggi ini umumnya muncul saat lemak memicu pembentukan plak di arteri. Plak mempersempit arteri dan membuat aliran darah jadi tidak lancar atau mengalir dalam jumlah yang lebih sedikit.

Kendati demikian, saat kadar kolesterol tinggi, beberapa orang bisa mengalami gejala pada kulit. Mengutip Verywell Health, misalnya saja kasus xanthomas, atau kondisi saat lemak mulai keluar dari kulit, terutama di sekitar mata. Kondisi ini juga bisa menyebabkan benjolan di tangan, siku, dan lutut.

Untuk mengetahui kadar kolesterol, Anda bisa melakukan tes darah. Kolesterol dikatakan tinggi jika kadarnya melebihi 240 mg/dL. American Heart Association merekomendasikan pemeriksaan kolesterol setiap 4-6 tahun sekali bagi orang dewasa. Lakukan pemeriksaan lebih rutin jika ada keluarga yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Baca juga:6 Minuman Penurun Kolesterol Ini Cocok Dikonsumsi Usai Makan Sajian Lebaran

Karena tanda kolesterol tinggi tak muncul di awal, penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan. Barengi juga dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi hingga rutin berolahraga.(cnn/hm15)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: