23.9 C
Medan
Saturday, January 29, 2022
spot_img

Kenali Ciri Sakit Kepala yang Mengarah Pada Gejala Tumor Otak

MISTAR.ID
Anda salah satunya mungkin cemas jika sakit kepala yang Anda rasakan ternyata merupakan gejala tumor otak.

Ketika Anda mengalami sakit kepala yang tampak sedikit lebih menyakitkan atau berbeda dari biasanya, Anda mungkin akan bertanya-tanya apakah hal itu bisa menjadi tanda sesuatu yang serius.

Memang benar, kebanyakan sakit kepala pada dasarnya tak perlu terlalu dikhawatirkan. Sakit kepala adalah masalah kesehatan umum yang bisa disebabkan ketegangan, stres, tekanan darah tidak normal, gangguan saraf, dan termasuk gangguan pencernaan.

Baca Juga:Mengatasi Sakit Kepala dengan Mudah dan Cepat

Tapi di sisi lain, jika ada tumor otak, sakit kepala tetap saja adalah gejala paling umum yang bisa terjadi akibat penyakit berbahaya ini. Sekitar setengah penderita tumor otak dilaporkan merasakan gejala sakit kepala.

Mengenal perbedaan antara sakit kepala umum dan sakit kepala yang mengarah pada gejala tumor otak kiranya baik dilakukan untuk membantu Anda dalam menentukan langkah penanganan terbaik.

Ciri sakit kepala yang mengarah pada gejala tumor otak Melansir Health Line, pada tahap awal, tumor otak mungkin tidak memiliki gejala yang nyata.

Baca Juga:Jenis Sakit Kepala yang Sering Terjadi

Hanya ketika tumor tumbuh cukup besar untuk memberi tekanan pada otak atau saraf di otak yang dapat mulai menyebabkan sakit kepala.

Sifat sakit kepala tumor otak berbeda dari sakit kepala tegang (tension headache) atau migrain dalam beberapa hal.

Misalnya, sering terbangun dengan sakit kepala bisa menjadi tanda tumor otak. Namun, perlu diingat bahwa kondisi lain, seperti sleep apnea obstruktif atau mabuk alkohol juga dapat menyebabkan sakit kepala di pagi hari.

Baca Juga:Sakit Kepala Atau Migrain, Para Ahli Menjelaskan Perbedaan Keduanya

Tetapi jika Anda mulai sering mengalami sakit kepala, berbagai jenis sakit kepala, atau jika sakit kepala berubah tingkat keparahannya, perhatikan hal itu.

Kondisi ini mungkin menunjukkan adanya tumor otak. Demikian juga, jika Anda bukan orang yang biasanya mengalami sakit kepala, tetapi Anda mulai sering mengalami sakit kepala yang menyakitkan, sebaiknya segera saja kunjungi dokter.(kompas/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: