25 C
Medan
Friday, May 20, 2022
spot_img

Kecanduan Perangkat Seluler, Ini Bahayanya

MISTAR.ID
Anda mungkin pernah berkata kepada seorang teman sebelumnya, “Saya benar-benar kecanduan iPhone saya!”. Tetapi apakah Anda berhenti dan menganggap itu mungkin benar-benar terjadi?

Anda akan merasa kurang yakin jika Anda belum memeriksa email Anda atau menonton video YouTube di perangkat Android dalam beberapa jam, dan Anda mungkin merasa mulai gelisah.

Mungkinkah Anda kecanduan perangkat seluler Anda? Apakah ini membuat ketagihan seperti kafein atau nikotin? Dan apa saja risiko kesehatan potensial dari menggunakan ponsel cerdas Anda terlalu banyak, atau kehilangan itu? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang akan kami coba jawab dalam artikel ini.

Apakah Ketergantungan Perangkat Seluler Nyata?
Sebelum kita menghadapi risiko kesehatan yang terkait dengan kecanduan perangkat seluler, mari kita bicara tentang apa yang dikatakan ilmu kedokteran tentang semua ini. Studi menunjukkan bahwa:

Baca Juga:Kecanduan Gim HP, Dua Remaja Bekasi Alami Gangguan Jiwa

Kecanduan perangkat seluler itu nyata
Beberapa orang menggunakan perangkat seluler mereka sebanyak lima jam per hari, atau lebih. Gejala penarikan bisa mirip dengan yang berhubungan dengan zat seperti nikotin atau kafein

Anda akan menunjukkan gejala penarikan jika seseorang mengambil ponsel Anda dari Anda seperti yang Anda lakukan jika Anda memiliki kecanduan heroin. Pada saat yang sama, gejalanya sama-sama terlihat pada beberapa orang ketika mereka tidak merokok dalam beberapa jam atau tidak minum secangkir kopi pagi.

Anda dapat menjadi mudah tersinggung dan bahkan bertengkar jika seseorang mengambil perangkat seluler Anda. Dan ketika itu terjadi, Anda mungkin tidak akan tertarik dengan kegiatan yang biasanya Anda nikmati. Kemampuan berpikir kreatif Anda juga mungkin terpengaruh.

Gejala Lebih Parah
Itu jauh dari perilaku terburuk yang mungkin terjadi, jika seseorang mengambil perangkat seluler Anda untuk waktu yang lama. Anda mungkin dapatkan depresi atau cemas. Menghadapi tingkat stres yang lebih tinggi dan kehilangan kemampuan konsentrasi Anda pada tugas-tugas biasa

Sekali lagi, semua ini konsisten dengan kecanduan. Beberapa orang merasa bahwa mereka perlu memainkan Candy Crush atau game pilihan mereka selama waktu tertentu setiap hari. Jika mereka tidak melakukan itu, mereka tidak mendapatkan pelepasan serotonin yang datang dari aktivitas itu.

Mungkin Anda menggunakan ponsel Anda untuk sering memeriksa berita. Mungkin Anda menginginkan berita pandemi atau pemilihan presiden terbaru .

Dengan apa yang terjadi di negara ini, dan dunia, perangkat seluler Anda dapat terasa seperti penyelamat bagi apa yang sedang terjadi. Tanpa memeriksanya setiap beberapa menit, mudah untuk melihat bagaimana Anda menjadi cemas. Itu bahkan lebih benar jika Anda sudah memiliki masalah depresi sebelum bisa menggunakan ponsel, tablet, atau perangkat pilihan lainnya.

Risiko Potensial
Anda mungkin tidak akan menderita serangan jantung atau stroke jika seseorang mengambil telepon Anda. Namun, jangan mengabaikan beberapa kondisi fisik dan mental yang telah kami gambarkan terkait dengan masalah ini.

Jika Anda merasa stres tanpa perangkat seluler Anda, maka itu tidak sehat. Saat Anda memilikinya, Anda dapat dengan mudah lupa waktu menjelajahi internet, bermain game, atau menyibukkan diri sendiri.

Anda mungkin melewatkan janji. Mungkin Anda seharusnya menjemput anak-anak Anda di sekolah, tetapi Anda lupa. Itu bukan risiko fisik, tetapi Anda mempertaruhkan hubungan sehat Anda dengan orang-orang di sekitar Anda.

Anda juga mungkin menjadi agresif jika seseorang mencoba mengambil telepon. Mungkin Anda sedang bekerja, dan bos Anda memergoki Anda menggunakan perangkat seluler padahal seharusnya tidak.

Jika mereka mencoba dan mengambilnya atau meminta Anda menyimpannya, Anda mungkin akan membentaknya. Itu bisa membuat Anda kehilangan pekerjaan.

Skenario ini mungkin terdengar tidak masuk akal, tetapi sebenarnya tidak. Pikirkan itu, kapan terakhir kali Anda pergi sepanjang hari tanpa menggunakan ponsel Anda untuk sesuatu hal? Bagaimana prospek itu terdengar bagi Anda?

Apa yang Dapat Anda Lakukan untuk Memerangi Kondisi Ini?
Hal tentang kecanduan perangkat seluler adalah meskipun banyak orang memilikinya, mereka tidak menyadarinya.

Baca Juga:Tips, Makin Dekat dengan Anak Lewat Permainan Tanpa Gadget

Mereka tahu bahwa mereka sering menggunakan ponsel atau tablet mereka, tetapi mereka mungkin tidak memikirkan berapa banyak waktu yang dihabiskan setiap hari, atau seperti apa ketika mereka kehilangan perangkat itu.

Cara untuk memerangi kecanduan perangkat seluler adalah dengan menyadarinya dan mengambil waktu tertentu dari ponsel Anda dengan sengaja. Anda bisa memulai dengan memutuskan kapan waktu tertentu untuk Anda tidak akan menggunakan perangkat lagi.

Alih-alih, Anda akan menghabiskan waktu bersama keluarga sejak saat itu. Anda mungkin bermain dengan anak-anak, berbicara dengan pasangan Anda atau orang penting lainnya, atau bermeditasi. Anda bisa berjalan-jalan di hutan atau naik sepeda.

Mengakui Anda Punya Masalah
Sama seperti alkoholisme atau penggunaan narkoba lainnya, tergantung pada Anda untuk memoderasi perilaku Anda yang terkait dengan perangkat Anda. Keluarga Anda kemungkinan tidak akan campur tangan, meskipun mungkin mereka akan melakukannya jika perilaku Anda menjadi buruk.

Namun, bahkan jika tidak ada yang mengingtakan Anda tentang perilaku Anda, Anda harus mengakui bahwa terlalu banyak waktu perangkat seluler dapat membahayakan Anda. Tidak sehat memiliki keterikatan pada benda mati.

Anda dapat melakukan beberapa percobaan dan melihat seperti apa hari-hari Anda ketika membatasi penggunaan perangkat seluler Anda. Jika Anda baik-baik saja dengan itu, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir. Tetapi jika kecemasan Anda meningkat ketika Anda tidak memiliki ponsel, Anda tahu bahwa Anda perlu mengambil tindakan tanpa menunda lagi.

Banyak orang tidak menyadari seberapa besar tingkat stres mereka terkait dengan penggunaan teknologi. Tablet dan telepon pintar adalah bagian dari kehidupan kita sehingga kita berhenti menganggap diri kita terpisah dari mereka. Kita tampaknya tidak jauh dari gagasan sci-fi tentang manusia dan penggabungan mesin bersama-sama.

Pada akhirnya, Anda perlu merencanakan hari-hari Anda untuk membatasi penggunaan perangkat seluler Anda. Banyak penelitian menunjukkan bahwa mereka yang menghabiskan lebih sedikit waktu di ponsel atau tablet mereka merasa kurang stres dan lebih santai.(sciencetimes/ja/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: