23.9 C
Medan
Wednesday, October 5, 2022
spot_img

Ini 4 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak di Saat Pandemi

Jakarta, MISTAR.ID

Saat ini di masa pandemi, kebanyakan orang harus berada di rumah untuk menurunkan risiko terserang virus Corona. Semua hal dilakukan serba online, termasuk sekolah. Lebih dari 5 jam mata akan terpaku pada layar komputer sehingga meningkatkan risiko kerusakan mata pada anak.

Maka dari itu, setiap orangtua perlu mengetahui cara yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan mata anak. Dengan begitu, masalah pada penglihatan tidak terjadi yang mungkin saja mengganggu masa depannya.

Salah satu faktor yang meningkatkan risiko masalah pada kesehatan mata anak, yaitu terlalu banyak melihat gadget karena masa pandemi. Sekolah online membuat semua anak harus melihat layar komputer atau ponsel paling tidak 5 jam sebanyak lima hari dalam seminggu. Maka dari itu, perlu tahu cara pencegahan kerusakan mata pada anak.

Baca Juga:Aturan 20:20 Demi Kesehatan Mata Anak Saat Belajar Via Gawai

  1. Istirahatkan Mata

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata anak adalah menganjurkannya mengistirahatkan mata secara teratur setelah 30-40 menit menatap layar. Jika anak bersekolah online, cobalah mengurangi tatapan layar elektronik setelahnya. American Academy of Pediatric merekomendasikan anak-anak usia di bawah 2 tahun untuk tidak melihat layar lebih dari 2 jam per hari.

  1. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Pastikan anak lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin. Zat ini mampu melindungi mata dari kerusakan radikal bebas.

Beberapa makanan yang kaya nutrisi ini adalah kangkung, sawi hijau, bayam, kubis, jagung, alpukat, dan masih banyak lagi. Selain itu, konsumsi ikan berlemak layaknya tuna dan salmon juga sangat bermanfaat pada perkembangan mata anak.

Baca Juga:Perokok Pasif Merusak Mata Anak-anak

  1. Melakukan Kebiasaan yang Baik untuk Mata

Ada beberapa cara yang dapat diterapkan sebagai kebiasaan baik untuk memastikan kesehatan mata anak. Salah satunya adalah melakukan kebiasaan yang baik untuk mata, seperti memberikan pencahayaan yang cukup untuk anak membaca atau bermain.

Saat membaca, ajarkan anak untuk memberikan jarak 30-40 cm dari buku dan 50 cm dari perangkat elektronik. Istirahat selama 8 jam setiap malam juga baik untuk mencegah mata anak menjadi tegang.

  1. Rutin Melakukan Pemeriksaan Mata

Untuk memastikan kesehatan mata anak, perlu melakukan pemeriksaan mata secara rutin sejak lahir, masa bayi, hingga sudah masuk masa sekolah. Semakin dini masalah pada mata terdeteksi, perawatan yang tepat dapat dilakukan sehingga masalah yang berbahaya dapat dihindari. (hldc/hm14)

Related Articles

TRENDING NOW

Tenggang Waktu Berakhir, Ranperda P-APBD 2022 Dairi Resmi Tidak Dibahas Lagi

Sidikalang, MISTAR.ID Rancangan Peraturan Daerah(Ranperda) tentang perubahan anggaran pendapatan belanja daera(P-APBD) T.A 2022 Kabupaten Dairi resmi tidak dibahas karena tenggang waktunya sudah berakhir sesuai aturan...

Inter Milan Taklukkan Barcelona 1-0 di Grup C Liga Champions

Milan, MISTAR.ID Inter Milan sukses mengantongi tiga poin usai menekuk Barcelona 1-0 dalam laga lanjutan Grup C Liga Champions di Giuseppe Meazza, Milan pada Rabu...
Suami Bacok Istri Berulang Kali di Dolok Pardamean Simalungun, Pelaku Menyerahkan Diri ke Polisi

KDRT, Dampak dan Pencegahan

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: