29 C
Medan
Friday, May 20, 2022
spot_img

Hati-hati, Diet ini Rentan Terkena Varian Delta

MISTAR.ID
Sebuah penelitian terbaru dan wajib diwaspadai bagi para cewek-cewek yang begitu takut dengan penampilannya yang gendut, alias diet ketat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa apa yang kita konsumsi sangat berperan pada seberapa baik tubuh dalam melawan varian Delta. Sehingga, orang-orang yang tengah menjalani diet pun diharuskan waspada akan hal tersebut.

Pasalnya, ada beberapa cara diet yang ternyata berpotensi membuat seseorang rentan terkena covid-19 varian Delta, di antaranya:

Mengonsumsi makanan olahan
Ashley Kitchens, MPH, RD, LDN, mengatakan bahwa mengonsumsi makanan ultra-olahan berpotensi meningkatkan peluang seseorang mengalami komplikasi buruk akibat covid-19.

Baca juga: Ini Cara Diet dan Menu Rendah Kolesterol

“Individu yang memiliki kondisi jantung yang serius, seperti penyakit kardiovaskular, dan indeks massa tubuh [BMI] 40 atau lebih tinggi termasuk dalam kategori yang berisiko lebih tinggi untuk penyakit parah dan komplikasi buruk dari covid-19,” kata Kitchens.

“Kebiasaan makan yang buruk dan faktor gaya hidup lainnya dapat memainkan peran besar dalam menentukan risiko penyakit jantung dan BMI seseorang, yang pada gilirannya menempatkan orang tersebut dalam kelompok berisiko tinggi untuk penyakit parah akibat covid-19,” tambahnya.

Mengonsumsi makanan cepat saji
Sydney Greene, MS, RD, anggota pakar medis dari Eat This, Not That! menjelaskan bahwa makanan tertentu dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh. Jika kamu secara rutin mengonsumsi makanan yang memicu respons peradangan, ini bisa berubah menjadi peradangan kronis, yang telah terbukti berperan dalam banyak penyakit, termasuk penyakit kardiovaskular dan diabetes.

Belum lagi, peradangan melemahkan sistem kekebalan tubuh, yang akhirnya bisa membuatmu lebih rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh penyakit menular seperti varian Delta, misalnya.

Menerapkan diet vegan
Sebuah studi baru yang dipimpin oleh para peneliti di Massachusetts General Hospital (MGH) yang dipublikasikan dalam jurnal Gut menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan nabati cenderung lebih kecil kemungkinannya mengalami gejala covid-19 yang parah.

Baca juga: Cocok Buat Diet! Konsumsi Sayuran Ini Agar Berat Badan Cepat Turun

Lebih spesifik lagi, mereka yang melakukan diet vegan lebih kecil risikonya untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dan obesitas. Di mana keduanya dikaitkan dengan risiko covid-19 yang lebih tinggi.

Kebiasaan yang sama dan kondisi terkait ini dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami gejala yang merugikan karena covid varian Delta, terutama pada mereka yang tidak divaksinasi. (medcom/hm06)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: