30 C
Medan
Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Gejala Kanker Tiroid pada Wanita

Jakarta, MISTAR.ID

Kanker tiroid adalah salah satu jenis kanker yang kebanyakan menyerang wanita dibanding pria. Hal ini disebabkan karena hormon yang berbeda pada wanita dan pria.

Ada berbagai gejala kanker tiroid pada wanita. Namun gejala kanker tiroid pada wanita seringkali tak disadari. Wanita di puncak kehidupan mereka, sibuk dengan pekerjaan dan keluarga, mungkin tidak menyadarinya. Ketika seorang dokter akhirnya mendiagnosis tiroid yang kurang aktif karena kanker, seringkali hal itu mengejutkan.

“Pasien kanker tiroid tipikal adalah wanita berusia antara 30 dan 60 tahun-lebih muda dari yang diperkirakan banyak orang. Mereka cenderung menunda untuk diperiksa oleh dokter dan mungkin menyalahkan gejala mereka pada penyebab lain,” ungkap Jonathon Russell, asisten profesor Otolaryngology- Bedah Kepala dan Leher di Rumah Sakit Johns Hopkins.

Baca Juga:Hindari Makanan ini Karena Bisa Tingkatkan Risiko Pertumbuhan Sel Kanker

Mengutip Mayoclinic, tak dipungkiri, kanker tiroid seringkali tak menunjukkan berbagai gejala awal. Namun seiring kankernya berkembang, gejala juga makin terlihat.

Kanker tiroid menyerang sel-sel tiroid atau kelenjar yang berbentuk seperti kupu-kupu yang ada di pangkal leher, di bawah jakun. Di dalam tubuh, tiroid berperan menghasilkan hormon yang mengatur detak jantung, tekanan darah, suhu tubuh, dan berat badan Anda.

Seperti diungkapkan sebelumnya, gejala kanker tiroid seringkali tak disadari. Namun gejalanya bakal berkembang saat kanker juga berkembang. Gejalanya memang mulai perlahan. Kelelahan adalah hal yang paling umum. Mengutip Hopkins Medicine, ada kemungkinan perubahan pada rambut, kuku, atau kulit, keluhan samar lainnya yang bisa disebabkan oleh penuaan, pola makan, stres, atau faktor lainnya.

Berikut beberapa gejala kanker tiroid pada wanita yang sering tak disadari, terutama pada awal-awal gejala.

Baca Juga:Ini Gejala Kanker Ovarium yang Harus Diwaspadai

1. Benjolan
Benjolan (nodul) yang dapat dirasakan melalui kulit leher. Nodul tiroid (pertumbuhan), kata Russell, mempengaruhi hingga 80 persen wanita, tetapi hanya 5 persen hingga 15 persen dari benjolan dan benjolan itu yang ganas.

2. Perubahan pada suara Anda, termasuk membuat suara jadi serak

3. Kesulitan menelan

4. Sakit di leher dan tenggorokan

5. Pembengkakan kelenjar getah bening di leher yang menjadi gejala kanker tiroid pada wanita. (cnn/hm12)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: