30 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

Bikin Tidak Nyaman, Ini 5 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal

Jakarta, MISTAR.ID

Sejumlah cara mengatasi tenggorokan gatal di bawah ini dapat dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan iritasi di area yang terdampak. Kamu dapat melakukan beberapa cara berikut ini.

  1. Mengonsumsi Teh atau Sup Panas

Mendapatkan asupan cairan yang cukup dapat menjaga selaput lendir tetap bersih, mencegah penumpukan benda asing yang membuat rasa tidak nyaman di tenggorokan. Suhu hangat juga dapat membantu menenangkan area yang gatal.

  1. Mengonsumsi Madu

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi dua sendok teh madu guna meredakan iritasi tenggorokan dan batuk. Namun, penggunaan madu tidak disarankan bagi anak yang berusia di bawah satu tahun.

Baca Juga:Cara Membedakan Sakit Tenggorokan Covid-19 dan Non-Covid-19

  1. Humidifier

Cara mengatasi tenggorokan gatal ini dapat dilakukan jika gangguan disebabkan oleh oleh udara kering atau alergi. Penggunaan humidifier juga dapat membantu menjaga lendir agar tidak mengering dan mengiritasi bagian belakang tenggorokan.

  1. Mengonsumsi Minuman Jahe Hangat

Dari jurnal berjudul Anti-Oxidative and Anti-Inflammatory Effects of Ginger in Health and Physical Activity: Review of Current Evidence, efek anti inflamasi pada jahe membantu meredakan sakit tenggorokan dengan meredakan peradangan.

  1. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam dapat melegakan tenggorokan yang sakit atau gatal akibat infeksi bakteri atau virus. Caranya dilakukan dengan menambahkan setengah sendok teh garam ke dalam satu cangkir air hangat.

Jika sejumlah cara mengatasi tenggorokan gatal di atas tidak dapat meredakan dan membuat gangguan bertambah parah, segera lakukan pemeriksaan diri ke dokter. (halodoc/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: