25 C
Medan
Thursday, May 26, 2022
spot_img

Apakah Parfum Aman untuk Anak-anak?

MISTAR.ID–Ketika melihat-lihat toko ritel, menunjukkan semakin banyak parfum yang ditargetkan untuk anak-anak. Bahkan merek kelas atas seperti Burberry, Bvlgari dan Givenchy memasarkan wewangian dengan nama yang terdengar manis seperti Tartine et Chocolat Ptisenbon.

Label yang menyertai wewangian ini memberikan referensi yang meyakinkan untuk “diuji dermatologi dan alergi”, “teruji secara klinis”, “hipoalergenik”, dan “teruji untuk iritasi”. Jadi, haruskah orang tua mengikuti tren yang dimulai oleh ibu seleb terkenal seperti Madonna, Angelina Jolie, dan Gwyneth Paltrow?

Associate Professor Anne Goh, Konsultan Senior dan Kepala Alergi Layanan di KK Perempuan dan Rumah Sakit Anak (KKH), anggota dari SingHealth kelompok, menyarankan orang tua untuk pertama mempelajari lebih lanjut tentang apa yang masuk ke wewangian sebelum melakukan pembelian itu.

Baca Juga: Memilih Parfum Sesuai dengan Tanda Zodiak Anda

Apa isi parfum? Sebagian besar parfum mengandung 78% hingga 95% etil alkohol khusus yang diubah sifatnya, dan campuran minyak esensial yang dapat berupa alami atau sintetis. Selain itu, phtalates dan gliserin digunakan sebagai fiksatif untuk membantu mengawetkan parfum.

Parfum anak-anak biasanya memiliki persentase alkohol yang lebih rendah atau bahkan bebas alkohol. Namun mereka masih mengandung minyak esensial, phtalates dan gliserin, semua bahan yang diketahui menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan kimia yang terkandung dalam wewangian dapat menyebabkan efek kesehatan seperti sensitivitas kulit, ruam, dan dermatitis. Terlebih lagi, sebanyak 75% penderita asma dapat mengalami serangan asma yang dipicu oleh parfum.

Baca Juga: Bisakah Parfum Kedaluwarsa dan Bagaimana Mengenali Cirinya?

Mandikan saja dengan sabun dan air. Para orang tua perlu mengetahui bahwa anak-anak memiliki tingkat penyerapan bahan kimia dari kulit mereka ke dalam aliran darah yang jauh lebih tinggi daripada orang dewasa. “Jika tidak sengaja tertelan, parfum juga bisa menyebabkan keracunan secara tidak sengaja. Jika diterapkan dalam jumlah banyak, alergi pada kulit bisa berkembang”, Professor Goh memperingatkan.

Nasihatnya untuk orang tua adalah, “Jika Anda ingin anak Anda harum, memandikan mereka dengan sabun dan air dan harus melakukannya.”

Jika Anda masih tidak dapat menahan daya tarik parfum untuk anak-anak Anda, coba semprotkan produk tersebut ke pakaian mereka alih-alih ke kulit mereka, dan perhatikan jumlahnya.(HealthExchange/ja/hm02)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: