31.7 C
Medan
Saturday, May 21, 2022
spot_img

Apakah Latihan Palang Gantung Membantu Anak Anda Tumbuh Tinggi?

MISTAR.ID
Sejak dahulu kala, tinggi badan yang baik telah dianggap sebagai penanda kesehatan anak. Faktanya, sebagai orang tua, sangat mungkin Anda khawatir tentang apakah anak Anda tumbuh dengan baik atau tidak dan mencapai tinggi yang diperlukan sesuai usianya.

Meskipun sebagian besar orang tua ingin anaknya tumbuh lebih tinggi terlepas dari tinggi badan mereka sendiri, perlu dicatat bahwa gen memang memainkan peran paling penting dalam menentukan tinggi badan seseorang. Nah, kabar baiknya adalah beberapa faktor eksternal, selain gen, memengaruhi pertumbuhan seseorang dan faktor-faktor ini termasuk pola makan yang sehat dan seimbang serta aktivitas fisik yang teratur.

Meskipun tidak ada kelangkaan aktivitas fisik yang dapat membantu anak Anda tumbuh lebih tinggi, menggantung di pull-up bar adalah latihan yang paling direkomendasikan. Memanfaatkan palang gantung (pull-up bar) tidak hanya menyenangkan bagi anak-anak tetapi juga membantu mereka mempertahankan postur tubuh yang baik, sehingga menambah beberapa inci tambahan pada tinggi badan mereka. Jika Anda berencana untuk mendorong anak-anak Anda menggunakan palang gantung untuk menambah tinggi badan mereka, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Meskipun pull-up bar mungkin tidak langsung bekerja untuk menambah tinggi badan, sebenarnya alat ini membantu memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan dan membantu seseorang terlihat lebih tinggi. Oleh karena itu, ketika anak Anda menggunakan pull-up bar untuk menggantung, ini melibatkan otot-otot tubuh bagian atas termasuk lengan, dada, dan punggung, serta membantu menjaga postur tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga:Anda Baru Selesai Olahraga? Seperti Ini Mandi yang Disarankan

Pull-up bar bisa sangat berguna jika anak Anda memiliki kebiasaan membungkuk. Perlu dicatat bahwa postur tubuh yang baik juga membantu mengurangi ketegangan di leher dan bahu anak Anda dan juga dapat mencegah munculnya kondisi kesehatan utama di kemudian hari. Ingat, postur tubuh yang salah tidak hanya memengaruhi tingkat kepercayaan diri anak Anda, tetapi juga menambah tekanan yang tidak semestinya pada otot, persendian, dan tulangnya yang sedang tumbuh.

Sebagai permulaan, penting bagi anak-anak Anda untuk mulai menggunakan pull-up bar di bawah pengawasan Anda dan fokus untuk mendapatkan pegangan mereka dengan benar terlebih dahulu. Mulailah secara perlahan dan kemudian secara bertahap bangun stamina yang dibutuhkan untuk bertahan di bar pull-up. Anak Anda dapat mulai dari 3-5 detik pada awalnya dan kemudian perlahan-lahan melanjutkan ke 10-15 detik bergantung di palang.

Pastikan ketinggian palang cukup nyaman sehingga tidak menggores atau melukai diri sendiri saat melepaskan palang. Jika kulit anak Anda sensitif dan mudah terkelupas, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan sarung tangan untuk meningkatkan cengkeramannya. Ingat, saat menggantung di pull-up bar membantu pertumbuhan tinggi badan anak Anda, jangan lupa untuk memasukkan berbagai jenis latihan peregangan dan yoga asana dalam rutinitas hariannya juga.(timesofIndia/ja/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: