25 C
Medan
Friday, May 20, 2022
spot_img

7 Olahraga Efektif untuk Mengecilkan Perut

Jakarta, MISTAR.ID

Saat berpikir untuk menurunkan berat badan, salah satu hal pertama yang terlintas biasanya mengecilkan atau mengencangkan perut. Menghilangkan lemak perut adalah cara yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Karena pinggang atau perut yang besar berpotensi memicu penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker di kemudian hari.

Untungnya, ada banyak olahraga yang bisa dilakukan untuk membakar lemak sehingga perut mengecil dan otot perut pun terbentuk. Ada banyak pilihan olahraga yang bisa mengecilkan perut. Berikut beberapa olahraga untuk menghilangkan lemak perut yang bisa dicoba.

Burpees

Olahraga ini melatih otot ini, dada, bahu, tricep dan paha bagian depan. Gerakannya melibatkan gerakan plyometrik yang eksplosif. Olahraga burpees juga akan membuat jantung terpompa.

Baca Juga:Ini Cara Menjaga Konsistensi Olahraga di Rumah

Untuk melakukan olahraga burpees: Berdirilah dengan kaki selebar bahu dan dorong pinggul ke belakang saat menurunkan tubuh ke lantai dalam posisi jongkok rendah. Letakkan tangan tepat di luar sisi kaki dan lompatkan kaki ke belakang.

Dorong tangan ke arah lantai agar tubuh lebih terangkat dan lompatkan kaki tempat ke arah luar tangan. Dengan bertumpu di tumit, lompatlah secara eksplosif ke atas dengan tangan di atas kepala.

Mountain Climber

Seperti burpees, mountain climber juga akan melatih otot inti tubuh. Untuk melakukannya: Ambillah posisi seperti push up, dengan pergelangan tangan tepat di bawah bahu. Pastikan otot inti atau otot perut kencang, tarik pusar ke arah tulang belakang. Dorong lutut kiri ke arah dada dan tarik kembali. Begitu juga pada lutut kanan.

Baca Juga:Cara Simpel Menurunkan Berat Badan Bila Malas Olahraga

Berlari atau Jalan Cepat

Olahraga seperti lari bisa membakar kalori dan mengurangi persentase lemak tubuh, termasuk lemak di sekitar perut dan bagian tubuh lainnya.

Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga kardio berintensitas rendah yang efektif. Kamu bisa bersepeda di luar ruangan atau berolahraga dengan sepeda stasioner. Dengan kecepatan dan intensitas tinggi pada sepeda, seseorang bisa membakar 500 kalori selama 30 menit.

Russian Twist

Untuk melakukan olahraga ini, kamu harus duduk di lantai dan mengangkat kaki dengan lurus sehingga tubuh tampak membentuk huruf ā€˜Vā€™. Postur ini harus ditahan sambil memutar tubuh bagian atas dari sisi ke sisi tanpa menggerakan kaki. Letakkan tangan di depan dada.

Baca Juga:Hanya Butuh Satu Menit, Cek Kesehatan Jantung dengan Naik Tangga

Bicycle Crunches

Olahraga ini bisa membakar lemak perut dan memperkuat otot-otot perut. Dalam olahraga bicycle crunches, kamu harus berbaring telentang dengan tangan di belakang kepala. Kemudian angkat lutut ke dada sambil mengangkat kepala dan bahu dari lantai. Gerakan harus dibarengi gerakan kaki mengayuh dengan berpindah sisi. Lakukan satu hingga tiga set dengan 12-16 kali pengulangan.

Yoga

Olahraga yoga tidak membakar kalori sebanyak olahraga yang sudah disebutkan di atas. Namun, yoga dapat membantu membangun otot dan meningkatkan daya tahan tubuh. (hldc/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: