28.9 C
Medan
Saturday, December 4, 2021
spot_img

6 Cara Mengatasi Kecanduan Kopi

Jakarta, MISTAR.ID

Kopi mengandung kafein dalam level yang tinggi, itulah sebabnya kopi bersifat adiktif atau membuat kecanduan. Padahal kebanyakan kafein sangat tak bagus untuk tubuh.

Ada beberapa efek negatif pada tubuh kita jika kita terlalu banyak mengonsumsi kafein. Efek kebanyakan kafein bisa menimbulkan sakit kepala yang datang terus menerus, perasaan gelisah, detak jantung berdegup kencang, tremor pada tangan, gugup, gangguan susah tidur, hingga mual dan muntah.

Ketika urine pun sudah berbau kopi dan Anda tersiksa dengan segala efek sampingnya, sudah saatnya Anda mengurangi konsumsi kopi.

Baca Juga:Pemuda Asal Parapat Hasilkan Racikan Kopi Lokal Hingga Digandrungi Pemuda Siantar

Cara mengurangi kecanduan kopi

Seseorang yang mengonsumsi lebih dari 3 cangkir kopi per hari biasanya akan mengalami segala efek samping yang terasa tak enak tersebut. David C Brodner MD, Direktur Medis Center For Sleep, Allergy, and Synus Wellness di Florida mengatakan bahwa ada dua cara mengatasi kecanduan kopi.

Yang pertama adalah mengurangi takaran kopi, dan yang kedua memperbaiki atau menambah jam tidur.

“Ketika jam tidur lebih panjang, seseorang tidak akan butuh stimulan untuk membuatnya terjaga dari kantuk,” ujarnya seperti dikutip di Everyday Health.

Nah, berikut ini adalah 6 cara efektif mengurangi kecanduan kopi yang bisa Anda lakukan:

Baca Juga:Tidak Mustahil Sembuh Total dari Kecanduan Narkoba, Ini Caranya

  1. Ketahui komposisi makanan dan minuman yang dikonsumsi

Kafein yang bersifat adiktif tak hanya ada di dalam kopi, ia ada di dalam cokelat, soda juga teh. Jadi agar kecanduan kafein tak semakin parah, selalu perhatikan makanan dan minuman yang akan Anda konsumsi.

  1. Kurangi takaran kopi secara pelan-pelan

Jangan langsung menghentikan konsumsi kopi begitu saja karena bisa menimbulkan efek withdrawal atau gejala penarikan seperti layaknya putus obat.

Gejala withdrawal ini bisa berupa perasaan gugup, mual, tak tenang, sakit kepala dan mudah tersinggung. Jadi sebaiknya lakukan pengurangan takaran kopi secara bertahap dan pelan-pelan.

Baca Juga:Tiga Remaja Kecanduan Sabu

  1. Seduh kopi dalam takaran encer

Anda juga bisa mengurangi kecanduan kopi dengan cara menyeduh kopi dalam komposisi yang sangat encer.

  1. Cara ritual baru

Jika biasanya setiap pagi menghirup kopi, coba sekali-kali cobalah minuman baru. Anda bisa menjajal teh herbal atau wedang rempah. Sama-sama beraroma kuat, minuman lain selain kopi ini juga bisa membuat Anda terjaga.

Baca Juga:Kecanduan Gim HP, Dua Remaja Bekasi Alami Gangguan Jiwa

  1. Minum kopi hanya jika terpaksa

Setiap kali ingin menyeduh kopi, coba tanyakan dulu ke dalam diri Anda, apakah Anda benar-benar membutuhkan kopi. Jika dirasa Anda tak membutuhkan stimulan untuk fokus, sebaiknya hindari menyeduh kopi.

  1. Pesan dalam cup kecil

Jika biasanya Anda memesan cup besar di kedai kopi, mulai kini pesanlah cup sedang atau kecil. Anda tetap bisa menikmati kopi bersama teman, meski dengan takaran kafein yang lebih minimal. (kompas/hm14)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: