28.9 C
Medan
Saturday, December 4, 2021
spot_img

5 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh Anak

Jakarta, MISTAR.ID

Diekstrak dari nektar, madu bisa dibilang merupakan salah satu “hadiah alam” terbaik yang dapat meningkatkan kesehatan anak dengan banyak cara. Untuk mendapatkan manfaat madu, ibu bisa menambahkan cairan manis dan kental ini ke dalam berbagai hidangan di menu makan anak.

Namun, perlu diingat bahwa madu tidak boleh diberikan pada anak yang berusia di bawah 1 tahun, karena dapat menyebabkan Botulisme. Penyakit Botulisme disebabkan oleh racun dari bakteri Clostridium Botulinum.

Seperti diketahui, madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Berikut ini di antaranya:

Baca Juga:Madu dan Habbatussauda Efektif Percepat Pemulihan Pasien Covid-19

Meredakan Sakit Tenggorokan

Madu adalah salah satu obat alami yang paling umum digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Hal ini karena madu mengandung vitamin dan mineral, serta memiliki sifat antibakteri, sehingga ampuh melawan infeksi bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Mengatasi Sakit Perut

Jangan dulu panik saat anak mengeluh sakit perut. Cobalah beri madu yang dicampur dengan air hangat. Sebab, madu dapat membantu meredakan rasa sakit dan meningkatkan metabolisme tubuh anak.

Mengurangi Sakit Gigi

Sakit gigi bisa diatasi dengan beberapa perawatan rumahan, salah satunya adalah dengan madu. Campurkan madu dengan satu sendok teh kayu manis bubuk, lalu oleskan ke area gigi yang sakit. Ini adalah pereda nyeri yang mungkin bisa membantu saat mengalami sakit gigi yang parah.

Baca Juga:Studi Baru, Madu Lebih Berkhasiat untuk Pilek Dibanding Obat-obatan

Mengatasi Kulit Kering

Manfaat madu lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah mengatasi kulit kering. Caranya, campur madu dengan lemon atau lidah buaya, dan oleskan pada kulit anak yang kering. Oleskan campuran tersebut pada kulit secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Mengobati Sariawan

Sariawan dapat membuat anak rewel dan malas makan. Ibu bisa mengatasi masalah ini dengan mengoleskan madu yang dicampur sedikit kunyit bubuk ke area sariawan secara rutin.

Itulah beberapa manfaat madu bagi kesehatan anak yang perlu diketahui. Dapat disimpulkan bahwa madu dapat dijadikan sebagai pertolongan pertama ketika anak sakit. (hldc/hm14)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: