30 C
Medan
Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Tips Lawan Penuaan Kulit di Usia 30-an

Jakarta, MISTAR.ID

Memasuki usia 30 tahun rasanya babak baru dalam kehidupan. Bahkan, memasuki usia 30-an, Anda mungkin mendapati beberapa bagian kulit mengendur, muncul garis halus hingga bercak hitam di sekitar wajah. Yang paling jelas terlihat adalah perubahan pada kulit.

Ini bisa mengganggu bahkan menurunkan kepercayaan diri pada sebagian orang. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir akan hal yang wajar terjadi.

Namun, ada beberapa langkah rutin yang bisa Anda lakukan agar penuaan kulit berkurang, terutama di bagian wajah, ketika memasuki usia 30-an.

Baca Juga:Masker Alami yang Cocok untuk Masing-masing Jenis Kulit

Berikut enam tips melawan penuaan kulit di usia 30-an.

1. Gunakan Tabir Surya
Tabir Surya bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang buruk untuk kulit. Seperti dikutip Insider, menggunakan tabir surya meski bukan musim panas harus dimulai agar tak terjadi penuaan berlebihan pada kulit Anda.

Ingat, sinar matahari tak selalu baik untuk kulit. Sinar matahari bisa menyebabkan luka bakar, mempercepat penuaan dan kerutan.

2. Bersihkan Wajah Pagi dan Malam Hari
Awali dan akhiri hari dengan mencuci muka. Saat Anda bangun tidur, cucilah muka, saat Anda hendak tidur, cucilah muka. Mencuci muka yang paling efektif adalah menggunakan air dan sabun, meski tak ada larangan jika Anda ingin membersihkannya dengan pembersih make up dan kapas.

3. Asupan makanan dan minuman bernutrisi
Hindari alkohol karena ini tak baik untuk kulit Anda. Menurut American Academy Of Dermatology Association (AAD), alkohol membuat kulit anda lebih kering dan membuatnya tampak tua.

Baca Juga:Manfaat Minyak Zaitun Atasi Rambut Kusut hingga Kulit Kering

Selain itu, mulailah mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya serat dan vitamin. Makanan sehat bisa membuat kulit Anda lebih sehat dan melawan penuaan.

4. Perhatikan ekspresi wajah
Otot wajah juga bergantung pada ekspresi wajah yang Anda buat. Jika Anda kerap menampilkan ekspresi wajah yang sama, otot wajah hanya akan bekerja sesuai dengan rutinitasnya.

Ini membuat garis di wajah menjadi permanen dan terlihat menua. Aturlah ekspresi wajah agar terlihat segar dan tak membuat otot kelelahan.

5. Pakai kacamata hitam
Kacamata hitam bisa melindungi mata dari paparan sinar matahari. Namun selain itu, kacamata juga membantu melindungi kulit halus di sekitarnya.

6. Tidak merokok
Merokok selalu menjadi informasi yang buruk. Sebagaimana dilansir WebMD, rokok bisa mempercepat pemecahan kolagen yang membantu elastisitas kulit. Kolagen yang pecah membuat kulit mudah keriput. (cnn/hm12)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: