25 C
Medan
Sunday, January 23, 2022
spot_img

Ternyata Kekurangan Cairan Bisa Dilihat dari Kesehatan Kulit

Jakarta, MISTAR.ID

Aria Novitasari, ahli nutrisi dari Herbalife Nutrition mengatakan bahwa kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi dapat terlihat dari kesehatan kulit. “Dehidrasi adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan kulit kita menjadi kering. Kondisi ini terjadi karena kulit mengandung sekitar 30 persen air, yang berkontribusi pada kekenyalan, elastisitas, dan ketahanannya. Kulit yang terhidrasi dengan baik dapat membantu kulit tampak sehat,” ujar Aria, Sabtu (15/1/22).

Dia menambahkan, masyarakat perlu memperhatikan asupan makanan saat mengalami dehidrasi. Ada banyak cara untuk memastikan kulit dapat terhidrasi dengan baik, seperti menggunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk jenis kulit dan mengonsumsi makanan yang mendukung kesehatan kulit.

“Jika kulit terlihat kering, bersisik, atau teriritasi, mungkin sudah waktunya memperhatikan hidrasi dan kebiasaan makan,” kata Nutritionist, Member of the Dietetic Advisory Board and Outer Nutrition Advisory Board, Herbalife Nutrition itu.

Baca Juga:4 Manfaat Masker Timun untuk Kesehatan Kulit

Setiap hari, lanjut Aria, pastikan minum setidaknya delapan gelas cairan, tentunya meliputi air mineral dan minuman lain seperti teh, susu, dan kopi. Kesehatan kulit juga akan terjaga jika pola konsumsi makanan didominasi oleh makanan yang kaya akan antioksidan seperti vitamin A, C, dan E.

Selanjutnya makanan kaya akan kandungan air seperti semangka, jeruk, sayuran, yogurt, acar, salad buah dan sayuran, sup maupun smoothie atau protein shake.

“Semangka merupakan buah yang kandungan airnya tinggi (lebih dari 90 persen) dan mengandung mineral dan fitokimia seperti likopen, vitamin C, dan beta karoten – yang semuanya dapat mendukung kesehatan kulit,” jelas dia.

Baca Juga:Tips Anti Penuaan Kulit Terbaik di Usia 30-an dan 40-an

Dibandingkan dengan tomat, stroberi, atau jambu biji, semangka memiliki jumlah antioksidan yang lebih baik. Selanjutnya jeruk, yang memiliki berbagai bermacam rasa, seperti manis atau asam, dan juga memiliki tekstur yang unik.

Sayuran juga berkontribusi pada kesehatan kulit. Sayuran tertentu memiliki kandungan air yang tinggi, seperti bayam (90-99 persen) serta wortel dan brokoli (80-89 persen).

“Begitu juga dengan yogurt, acar, salad buah dan sayuran, sup, dan smoothie yang baik sebagai makanan pencegah dehidrasi,” katanya.(antara/hm15)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: