28.9 C
Medan
Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Tampil Gaya, Ini Busana untuk Si Tubuh Besar

MISTAR.ID
Punya tubuh besar atau cenderung gemuk membuat rasa tidak percaya diri untuk tampil gaya? Pake baju kesempitan, semua bagian tubuh yang ada lemaknya malah menonjol. Pakai baju yang besar, nah loh semakin bengkak poster tubuhnya, terus gimana donk, jadi serba salah.

Jangan khawatir. Fashion bukan hanya untuk mereka yang bertubuh langsing. Perempuan dengan tubuh besar pun bisa tampil cantik dan modis. Lihat saja penyanyi Adele, Oprah Winfrey, dan aktris Queen Latifah. Meskipun bertubuh besar, tetapi mereka selalu tampil gaya dan mempesona.

Anda pun bisa tampil modis seperti mereka. Yang penting Anda harus pintar memadupadankan busana dan aksesoris agar penampilan Anda enak dilihat.

Baca juga: Jadi Sasaran Body Shaming, Penyanyi Billie Eilish Membalas Bijak

Berikut ini trik berbusana dari Adam Glassman, stylist Oprah.com dan Deborah Boland dari Fabulous After 40 untuk menyiasati penampilan bagi yang bertubuh besar.

1. Ukuran pas

Jika Anda memiliki tubuh besar, maka Anda harus benar-benar memperhatikan ukuran baju Anda. Pastikan agar baju yang Anda kenakan memiliki ukuran yang pas. Baju yang terlalu besar dan longgar akan membuat tubuh jadi tampak dua kali lebih besar. Sebaliknya baju yang terlalu ketat justru membuat Anda terlihat ‘sesak’.

2. Bahan ringan

Pilihlah baju-baju yang terbuat dari kain berbahan ringan dan tidak terlalu tebal. Bahan seperti ini akan jatuh dengan pas di tubuh Anda.

3. Padukan warna gelap dan terang

Warna gelap memang tepat untuk memberikan ilusi tubuh yang lebih langsing. Tetapi bukan berarti Anda harus selalu mengenakan baju berwarna gelap setiap waktu. Anda bisa mengenakan warna-warna terang yang biasanya harus dihindari oleh orang bertubuh gemuk seperti kuning dan putih. Padankan dengan pakaian warna gelap agar seimbang.

Pakailah warna gelap untuk menyamarkan bagian tubuh yang menurut Anda paling besar. Jika Anda memiliki paha besar, Anda bisa memakai bawahan berwarna hitam atau cokelat dipadu dengan blus warna cerah untuk mengalihkan perhatian dari paha. Atau jika tubuh bagian atas Anda yang besar, Anda bisa memakai tank top atau dalaman berwarna cerah yang dipadu dengan jaket warna gelap. Kombinasi warna gelap dan terang ini akan menyeimbangkan penampilan Anda.

4. Garis horizontal

Motif garis yang biasanya terlarang untuk orang bertubuh besar juga bisa dimanfaatkan untuk memberi siluet yang lebih langsing pada garis tubuh. Pilihlah motif garis yang vertikal, sebab motif ini bisa menciptakan ilusi garis tubuh yang lebih panjang. Semakin kecil motif garis yang Anda pilih, semakin tegas pula efek langsing yang tercipta.

5. Motif kecil

Tubuh gemuk bukan berarti Anda harus selalu mengenakan baju polos tak bermotif. Anda bisa kok, mengenakan baju bermotif polkadot atau bunga-bunga. Anda hanya harus menghindari motif yang besar. Pilihlah polkadot bentuk titik daripada lingkaran. Begitu juga dengan motif bunga.

6. Hindari detail rumit di bagian tubuh yang besar

Sekali lagi, memiliki tubuh bukan berarti Anda harus mengenakan baju serba polos. Anda bisa tampil gaya dengan ruffle atau detail lipit yang cantik. Kuncinya hindari detail pakaian di bagian tubuh yang terlihat besar. Jika Anda memiliki pinggul, paha, dan bokong yang besar, hindari lipit di bagian pinggang. Dan jika Anda memiliki dada yang penuh, hindari pula aksen ruffle yang memanjang dari kerah hingga ke belahan dada. Hal yang sama juga berlaku untuk saku baju.

Baca juga: Ini Tips Sehat Konsumsi Hidangan Lebaran

7. Aksesoris berukuran sedang

Berbeda dengan motif, untuk wanita yang bertubuh besar Anda justru disarankan untuk tidak memakai aksesoris yang berukuran terlalu kecil. tas tangan mungil atau anting berukuran kecil akan membuat tubuh besar Anda makin mencolok. Tetapi aksesoris yang berukuran terlalu besar seperti kalung besar juga akan membuat bagian tubuh Anda terlihat ‘makin berat’. Jadi pilihlah aksesoris yang ukurannya sedang dan tidak memiliki detail yang terlalu rumit.

Nah, gimana. Jangan takut lagi untuk tampil gaya yah. Kamu bisa mencoba tips tadi, tetapi jangan lupa, tetap percaya diri, itu yang paling penting dari berbusana sehingga anda leluasa untuk melangkah. (merdeka/hm06)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: