22.7 C
Medan
Thursday, January 20, 2022
spot_img

Pakai Skincare Berlapis, Ini yang Harus Anda Perhatikan

MISTAR.ID

Berapa banyak skincare yang kamu pakai dalam rutinitas perawatan wajahmu sehari-hari? Apakah Anda pakai toner, essence, serum, moisturizer hingga sunscreen? Atau mungkin lebih banyak lagi lapisannya? Waow, tunggu dulu.

Apakah menggunakan skincare berlapis-lapis, tidak berbahaya bagi kulit Anda? Atau adakah batasan jeda waktu yang kamu butuhkan dari satu produk ke produk lainnya?

Mungkin kebanyakan dari kita tak akan menunggu terlalu lama dalam menggunakan skincare, karena berpikir toh semua kandungan pada akhirnya akan menyerap di kulit wajah.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari ZAP Premiere, dr. Eyleny Meisyah Fitri, Sp.KK, menjelaskan tidak ada patokan waktu yang pasti, selain itu tidak ada juga panduan khusus untuk menunjukkan jeda waktu pemakaian produk skincare.

Baca juga: Ini 5 Tips Kecantikan Sarah Jessica Parker Bikin Dia Awet Muda

Mnurut dr. Eyleny setiap produk memiliki waktu proses absorpsi atau penyerapan yang berbeda-beda. Meski begitu, dr. Eyleny mengatakan paling tidak berikan jeda lima menit untuk menunggu produk hingga akhirnya menyerap ke dalam wajah.

“Tidak ada patokan waktu khusus, tapi mungkin tunggu lima menit atau cukup saat produk sudah dirasa kering dan terserap dengan baik, maka boleh dilanjutkan pemakaian produk selanjutnya,” tambahnya.
Perlu diketahui, kulit kita memiliki kemampuan sangat baik dalam menyerap beberapa produk sekaligus, namun terdapat pengecualian untuk sunscreen dan obat jerawat.

Hal lain yang perlu diketahui adalah kualitas suatu produk juga mempengaruhi daya serap kulit. Dalam arti, semakin baik kualitas produk maka akan semakin cepat ia menyerap ke dalam kulit, sehingga kamu tidak perlu menunggu terlalu lama saat akan mengaplikasikan skincare selanjutnya.

Selain memberikan jeda waktu agar kandungan aktif skincare menyerap dengan baik, dr. Eyleny juga mengingatkan bahwa yang tak kalah penting adalah urutan pemakaian produk yang tepat.

Baca juga: Kenali Sifat Cewek Leo dan Kecantikan yang Bikin Inner Beauty Mereka Terpancar

“Selain itu, perhatikan juga urutan penggunaan skincare, gunakan produk skincare dimulai dari yang memiliki konsistensi paling cair hingga paling kental,” tutupnya.

Misalnya seperti toner atau essence yang lebih cair harus dipakai lebih dulu dibandingkan serum yang lebih kental dan kemudian moisturizer yang lebih pekat teksturnya. Seperti yang disampaikan oleh dr. Eyleny, bahwa urutan ini penting agar produk bisa terserap dengan baik dan memberikan hasil yang lebih maksimal.(kompas/hm06)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: