22.5 C
Medan
Monday, December 6, 2021
spot_img

Mau Glowing? Pakai Masker Wajah yang Benar Supaya Hasil Maksimal

Jakarta, MISTAR.ID

Semua orang khususnya wanita pasti ingin memiliki wajah mulus tanpa berpori. Bahkan melakukan perawatan untuk mendapatkan wajah glowing termasuk pakai masker. Namun, tahu kah anda cara memakai masker wajah mulai dari persiapan hingga selesai benar-benar tepat untuk mendapatkan hasil maksimal?

Mengetahui cara memakai masker wajah yang benar sangatlah penting supaya hasilnya lebih maksimal. Selain membantu mengoptimalkan penyerapan, salah memakai masker dapat berisiko menimbulkan masalah di area kulit wajah.

Selain itu, menggunakan masker wajah untuk perawatan kecantikan harus sesuai dengan kebutuhan kondisi kulit. Dilansir media, Minggu (5/9/21), berikut tahapan yang sebaiknya Anda lakukan sebelum sampai selesai memakai masker wajah.

Baca Juga:Masker Alami yang Cocok untuk Masing-masing Jenis Kulit

1. Bersihkan wajah lebih dulu

Langkah sederhana seperti cuci muka terlebih dulu sebelum pakai masker seringkali diabaikan. Tidak sedikit yang beranggapan bahwa masker akan mengangkat seluruh kotoran di wajah sekalipun tanpa mencuci muka. Padahal fungsi masker ini untuk merawat dan perlu lapisan kulit yang bersih tanpa ada sisa makeup atau kotoran.

Cara membersihkannya bisa dengan susu pembersih (milk cleanser) atau sabun muka (facial wash). Kulit wajah yang sudah dibersihkan terlebih dulu akan lebih siap menerima bahan aktif dari masker supaya bekerja maksimal tanpa ada pori-pori yang tersumbat.

2. Gunakan jenis masker sesuai kondisi kulit

Cara memakai masker wajah yang benar selanjutnya harus menyesuaikan kondisi kulit. Masker untuk kulit berjerawat akan berbeda kandungannya dengan tipe kulit kering, normal, atau sensitif. Bagian ini penting supaya hasil akhir setelah memakai masker sesuai harapan. Salah satunya menggunakan masker khusus jerawat yang bisa membantu mengurangi kemerahan.Untuk bentuk masker itu sendiri beragam, ada yang clay mask, wash off, peel off, bubuk (powder), sheet mask, gel, krim atau masker alami D.I.Y.

Baca Juga:Masker Wajah bisa Mengiritasi Mata Anda, Berikut 5 Cara untuk Melindunginya

3. Tidak terlalu lama

Memakai masker wajah idealnya sekitar 10-30 menit maksimal, kecuali jenis sleep mask atau overnight mask yang bisa Anda bawa tidur semalaman. Meski ada anjuran pakai di setiap label kemasan masker wajah, kemungkinan Anda berpikir memakainya lebih baik lama supaya menyerap sempurna. Hal itu sebaiknya jangan dilakukan. Terlalu lama memakai masker justru membuat kulit wajah kering karena kelembapan alami kulit ikut diserap.

4. Bilas sampai bersih

Khusus masker jenis sheet mask biasanya tidak dianjurkan dibilas lantaran cairan formula yang menempel akan menyerap sendiri. Setelah dilepas, cukup tepuk-tepuk halus bagian wajah sampai leher. Namun untuk masker berjenis mud, clay, peel-off, serbuk, dan gel, sebaiknya dibilas sampai bersih. Bisa dengan waslap yang dibasahi air hangat atau diguyur air biasa. Bersihkan sisa-sisa masker yang menempel sampai bersih. Jika tidak, residu masker bisa menyumbat pori-pori dan mengakibatkan komedo.

5. Gunakan pelembap wajah

Selesai memakai masker jangan biarkan wajah begitu saja. Anda tetap perlu mengaplikasikan perawatan lanjutan seperti moisturizer atau serum. Moisturizer dan serum ini berfungsi sebagai pelembap untuk menghidrasi kulit supaya tidak kering.

Baca Juga:Manfaat Ampas Kopi untuk Perawatan Kecantikan Anda

Gunakan pelembap khusus untuk dipakai malam hari. Biasanya tekstur pelembap ini tidak terlalu berat dan mudah meresap. Setelah mengetahui cara memakai masker wajah yang benar, bukan berarti bisa menggunakan masker setiap malam terlebih jika Anda punya masalah kulit seperti jerawat.

Menggunakan masker setiap hari dapat berisiko membuat iritasi. Idealnya, terapkan satu atau dua kali dalam seminggu dan sempurnakan dengan rangkaian perawatan kulit lainnya. (cnn/hm12)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: