27 C
Medan
Thursday, May 26, 2022
spot_img

Ini Tanda Penuaan Dini yang Paling Ditakuti Perempuan, Temukan Solusinya

MISTAR.ID

Menjadi tua adalah salah satu hal yang ditakutkan oleh banyak perempuan. Tidak jarang berbagai cara dilakukan dan berbagai perawatan pencegahan dikerjakan.

Penuaan bukan cuma perkara bertambahnya umur, ternyata berbagai faktor yang menyebabkannya. Paparan sinar matahari, pola makan yang kurang sehat, dan lain sebagainya bisa membuat penuaan pada tubuh terjadi lebih cepat. Lalu, apa yang menandakan penuaan dini tersebut? Yuk kita simak

1. Muncul bercak hitam pada wajah

Bercak hitam merupakan tanda utama ketika penuaan dini terjadi. Selain paparan sinar matahari yang berlebihah, stres, faktor genetika, dan kurangnya asupan vitamin juga jadi penyebab munculnya bercak atau flek hitam pada wajah. Untuk itu penting untuk selalu menggunakan sunscreen kemanapun kamu pergi.

Baca juga: Tips Anti Penuaan Kulit Terbaik di Usia 30-an dan 40-an

2. Terdapat garis halus

Jika saat tersenyum kamu bisa melihat garis halus di samping mulutmu, itu artinya kamu mulai mengalami penuaan dini. Jika tidak ditangani secara cepat, garis halus ini akan semakin mendalam dan semakin susah untuk dihilangkan lho. Kamu bisa menggunakan krim berbahan retinol yang dapat secara bertahap menyamarkan garis halus tersebut.

3. Pori-pori terlihat besar

Pori-pori yang besar terjadi karena menumpuknya sel kulit mati yang tidak segera kamu bersihkan sehingga menyumbat pori-pori dan membuatnya terlihat besar. Selain scrubbing, cara lain paling mudah untuk mengatasinya adalah menggunakan masker.

4. Wajah terasa kasar

Selain pori-pori yang besar, penuaan dini juga ditandai dengan wajah yang terasa kasar dan terlihat kusam. Ini terjadi karena kulit wajah telah kehilangan kelembapannya. Kamu bisa mengatasinya dengan rajin melakukan eksfoliasi serta menggunakan pelembap yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajahmu.

Baca juga: Perawatan Kulit untuk Usia 40-an Agar Nampak Menua Alami, Ini 7 Tipsnya

5. Mata berubah bentuk

Eits, bukan maksudnya jadi sipit atau jadi belo yah. Berubah disini maksudnya adalah kelopak mata mulai menurun. Nggak cuma itu, penuaan dini juga ditandai dengan munculnya lingkaran hitam serta garis halus di sekitar mata. Disinilah eye cream berperan penting. Dengan rajin menggunakan eye cream, mata bisa terlihat lebih segar dan cerah.

6. Kulit wajah mengendur

Seiring bertambahnya usia ditambah dengan berbagai faktor dari luar, kulit wajah lama kelamaan akan mengendur. Ini karena kulit wajah secara perlahan mulai kehilangan elastisitasnya. Akibatnya, nggak cuma wajah terlihat tua, kulit yang mengendur juga membuat wajah terlihat letih dan lesu. Coba untuk lakukan senam wajah serta pilih produk perawatan dengan label lifting untuk mengatasinya.

7. Perubahan warna kulit

Perubahan warna kulit juga menjadi hal yang paling terlihat pada mereka yang mengalami penuaan dini. Lagi-lagi hal ini biasanya terjadi karena paparan sinar matahari dan juga polusi udara. Jadi, pastikan kamu selalu memulai rutinitas makeup-mu dengan mengapliakasikan sunscreen yah!

Itu tadi tujuh penuaan dini yang perlu kamu waspadai. Sebelum terjadi, yuk jangan malas rawat wajahmu agar tidak mengalami penuaan dini. Buat kamu yang mengalami masalah-masalah di atas, jangan khawatir, Bela. ada jalan keluarnya kok.

Coba mulai rajin gunakan sunscreen dan produk anti aging. Pastikan juga kamu rajin meminum air putih dan selalu mengonsumsi buah dan sayur yang sangat baik bagi kesehatan kulit wajah.(popbela/hm06)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: