25 C
Medan
Saturday, October 1, 2022
spot_img

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Kantung Mata

Jakarta, MISTAR.ID

Meskipun tidak sakit, namun kantung mata biasanya disertai lingkaran hitam dan dapat mengganggu penampilan seseorang.

Kantung mata bisanya muncul dan dialami siapa saja dari berbagai rentang usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai lansia. Kondisi tersebut ditandai pada bagian bawah mata yang menebal akibat penumpukan cairan serta melemahnya jaringan sekitar, termasuk otot dan kelopak mata.

Dilansir media, penyebab kantung mata ini beragam dan masih bisa diatasi asalkan dengan metode yang tepat.

Baca Juga:Anti Ribet! Yuk Atasi Kantung Mata dengan 3 Bahan Ini

Penyebab Kantung Mata

Meskipun tidak terasa sakit, namun kantung mata yang kendur dan biasanya disertai lingkaran hitam dapat sangat mengganggu karena membuat wajah jadi terlihat lebih tua. Berikut beberapa penyebab umum munculnya kantung mata.

1. Retensi cairan
Retensi cairan dapat dipengaruhi oleh hormon atau setelah mengonsumsi makanan tinggi garam. Hal itu menyebabkan adanya penumpukan cairan di sekitar mata (edema periorbital) sehingga membentuk kantung. Kondisi tersebut dapat terlihat ketika bangun tidur.

2. Kurang tidur
Kurang tidur dan kondisi Anda kelelahan juga berpotensi menimbulkan kantung mata serta terlihat sembab. Saat tubuh kurang istirahat yang cukup, aliran darah tidak berjalan lancar ke sekitar mata. Akibatnya darah tersebut menumpuk di bawah mata.

3. Alergi
Penyebab kantung mata bisa dikarenakan alergi dan dermatitis, rhinitis, anemia, sehingga muncul iritasi, peradangan, gatal, kemerahan, bengkak, sampai mata berair. Keadaan mata yang berkantung biasanya diikuti dengan muncul lingkar hitam khususnya di mata bagian bawah.

4. Merokok
Kebiasaan merokok, minum alkohol atau minuman dengan kafein tinggi jangan dianggap sepele karena berpengaruh pada kondisi mata jadi dehidrasi. Ketika mata mengalami dehidrasi atau lelah, hal ini berdampak pada penglihatan yang sedikit kabur dan pembuluh darah sekitarnya melebar.

5. Genetik
Penyebab lain adanya kantung mata dan tidak dapat dihindarkan yaitu genetik atau keturunan. Faktor genetik biasanya berupa pigmentasi sehingga bentuk tulang mata memengaruhi area sekitar penglihatan yang cenderung menebal serta terlihat gelap.

Baca Juga:Demi Kaburkan Kasus, Tersangka Pembunuh Rai di Medang Deras Berteriak Ada Orang Bunuh Diri

Cara Mengatasi Kantung Mata

Kantung mata dapat diatasi secara mandiri apabila kondisinya tidak terlalu serius. Jika dibarengi kemerahan, gatal, perih, panas dan semakin parah, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Kompres
Kompres dengan air dingin atau es dapat mengurangi kantung mata yang bengkak akibat penyumbatan pembuluh darah. Lakukan kompres mata selama 15 menit menggunakan handuk berbahan lembut. Pastikan posisi tidur benar-benar di atas bantal supaya mencegah bengkak.

Produk perawatan mata
Cara lain mengurangi kantung mata bisa mengandalkan produk skincare khusus seperti eye cream atau eye serum. Pemakaian eye cream ini sebaiknya untuk mencegah sebelum muncul kantung mata, atau kondisinya memang tidak terlalu serius.

Blepharoplasty
Tindak operasi kelopak mata atau blepharoplasty mungkin saja diperlukan untuk kondisi tertentu. Blepharoplasty termasuk prosedur bedah plastik yang tujuannya untuk merekonstruksi serta mengangkat jaringan lemak sekitar kelopak atas dan bawah mata. Dengan demikian, bentuk dan struktur kelopak mata akan kembali normal.

Terapi laser
Selain memakai krim atau serum mata memang membutuhkan waktu lebih lama untuk melihat hasilnya. Sesekali tidak ada salahnya melakukan terapi khusus dengan bantuan laser yang bisa meremajakan sekaligus memperbaiki tampilan kantung mata.

Dikarenakan penyebab kantung mata juga beragam, penting untuk menghindari segala aktivitas yang berpotensi merusak kesehatan mata. Di antaranya menghindari membaca di ruang gelap atau terlalu lama menatap layar ponsel dan PC selama berjam-jam. (antara/hm12)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Irvanli Silalahi, Alumni SMAN 5 Pematang Siantar yang Raih Beasiswa Kuliah...

Pematang Siantar, MISTAR.ID Impian Irvanli Yosua Silalahi (18)  untuk bekerja di luar negeri makin jelas di depan mata. Pasalnya, alumni SMAN 5 Pematang Siantar ini...

Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik Keempat dalam Seminggu

Seoul, MISTAR.ID Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan, Korea Utara (Korut) menembakkan rudal balistik yang tidak dispesifikasi ke arah pantai timur, Sabtu (1/10/22). Hal itu menandai...
Waspada! Ini Ciri-ciri Anda Positif Omicron Varian Baru

Kasus Covid-19 Siantar Kembali Bertambah

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: