27.9 C
Medan
Wednesday, January 26, 2022
spot_img

Cantik Maksimal, 11 Langkah untuk Makeup Tahan Lama

MISTAR.ID

Masalah yang kerap dihadapi perempuan saat merias wajah adalah makeup yang mudah luntur. Tentu saja ini akan mempengaruhi penampilanmu baik untuk pergi ke kantor atau kuliah di kampus.

Cuaca yang panas, keringat yang bercucuran hingga aplikasi kosmetik yang kurang tepat bisa membuat makeup kita tak tahan lama. Ujung-ujungnya, kita harus sering-sering touch up agar wajah tetap terlihat segar dan cantik.

Sebenarnya ada cara agar riasanmu tahan seharian dalam berbagai aktivitas di kantor maupun kampus. Hingga cantik maksimal yang kamu harapkan tetap terpancar di wajah. Berikut sebelas langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Persiapkan Kulit
Yang harus dipahami bahwa jika kulit kita tidak dipersiapkan dengan baik, maka riasanmu juga tak akan terlihat mulus dan bertahan lama. Pasalnya, minyak, bakteri dan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit, akan membuat tekstur wajah semakin terlihat saat riasan dipakaikan di kulit.

Maka dari itu penting untuk melakukan eksfoliasi kulit setidaknya dua kali dalam seminggu untuk menjaga kulit tetap halus sehingga riasan bisa lebih tahan lama. Penting pula menggunakan toner setelah membersihkan dan eksfoliasi kulit guna menyeimbangkan pH kulitmu sehingga wajah akan terlihat lebih halus dan cerah. Tak kalah esensialnya adalah melembapkan kulit dengan produk moisturizer yang tepat dan sesuai jenis kulit akan membuat wajahmu menjadi kanvas yang sempurna untuk produk-produk makeup.

Baca juga:Bisnis Kecantikan di Medan Meningkat Seiring Gencarnya Vaksinasi

2. Primer Mata dan Wajah
Primer adalah langkah kosmetik pertama yang penting untuk membantu riasan bertahan sepanjang hari. Primer tidak hanya menyegel produk perawatan kulit, tetapi juga akan menciptakan penghalang yang bisa menghaluskan permukaan kulit. Penggunaan primer juga bisa disesuaikan dengan jenis kulit guna membantu mengisi pori-pori dan garis-garis halus.

Selain itu juga bisa menciptakan permukaan yang halus agar foundation lebih mudah menempel serta tahan lebih lama. Kawan Puan bisa mencoba primer berbasis air yang bebas minyak yang akan menjaga fondasi bagi makeup agar tidak mudah tergelincir atau bergerak. Sementara itu primer mata akan membuat eyeshadow lebih bisa menunjukkan pigmen aslinya, membaur lebih mudah, dan membantu eyeshadow serta eyeliner bertahan sepanjang hari tanpa noda atau creasing.

3. Gunakan Foundation
Bebas Minyak Produk berbasis minyak membuat riasan lebih mungkin luntur. Maka jika kamu punya jenis kulit yang kering, pastikan untuk melembapkannya wajah terlebih dahulu secara baik dan gunakan alas bedak bebas minyak. Pilih foundation yang tahan lama dan akan menghaluskan kulit sepanjang hari.

4. Lapisi dengan Bedak yang Cocok
Jika kamu lebih suka memakai makeup dengan tekstur krim atau liquid, penting untuk diingat bahwa kemungkinannya untuk luntur lebih tinggi dibandingkan produk berformula powder atau padat. Maka, jika kamu menggunakan produk makeup berbentuk krim atau liquid, penting untuk melapisinya lagi dengan bedak yang ringan agar lebih tahan lama seharian. Pilihlah bedak yang cocok dengan warna liquid foundation atau alas bedak krim. Atau bisa juga menggunakan translucent powder agar tidak mengubah tone kulitmu.

5. Aplikasikan Riasan Tipis-Tipis
Mungkin banyak yang beranggapan bahwa agar makeup tidak mudah luntur adalah dengan mengaplikasikannya secara tebal. Ini salah kaprah, kamu justru harus mengaplikasikan riasan secara tipis-tipis dan dalam beberapa lapisan. Selain lebih tahan lama, cara ini akan menciptakan kulit yang terlihat halus dan bebas tekstur. Tentunya ini akan membuat kulit terlihat alami tanpa terasa berat atau cakey.

6. Gunakan Priming Spray
Apabila Kawan Puan punya priming spray, maka baiknya untuk menyemprotkan kuas eyeshadow dengan produk tersebut sebelum dioleskan ke kelopak mata. Teknik ini tidak hanya akan membantu mengunci pigmen agar bertahan sepanjang hari, tapi juga memberikan efek foil pada eyeshadow. Ini membuat kelopak mata akan terlihat mengkilap, yang memberikan tampilan alami pada kulit.

7. Gunakan Maskara dan Eyeliner
Tahan Air Salah satu poin penting untuk menjaga makeup tahan lama adalah dengan menggunakan produk yang tahan air, misalnya pada maskara dan eyeliner. Bukan tanpa sebab, maskara dan eyeliner cenderung lebih mudah luntur di bawah mata setelah dipakai berlebihan, terutama jika kamu menggunakan krim mata. Cobalah formula yang tahan air agar maskara dan eyeliner yang kita pakai tidak membuat riasan kita seperti mata panda.

8. Campurkan Primer dan Liquid Lipstick Matte sebagai Blush On

Cream Blush on biasa umumnya akan memudar dengan cepat, maka untuk membuatnya tahan lama kamu bisa mencampurkan primer dengan liquid lipstick matte untuk menghasilkan krim perona pipi yang bisa bertahan sepanjang hari. Kamu bisa menggunakan lebih banyak primer untuk mengencerkan warna atau gunakan lebih banyak lipstik cair untuk membuat warnanya lebih menonjol.

Baca coba:5 Bahan Alami Atasi Masalah Jerawat

9. Oleskan Lipstik dengan Cara yang Benar
Jika kamu tidak terlalu menyukai tren lipstik matte dan menyukai lipstik satin, cobalah mengaplikasikannya berlapis-lapis. Caranya, oleskan lipstik favoritmu, bersihkan dengan tisu, taburkan lapisan bedak tabur transparan, lalu oleskan kembali lapisan lipstik yang lain. Ulangi sampai mendapatkan opacity dari lipstik yang kamu inginkan. Teknik pelapisan ini akan membuat lipstik satin menjadi alas untuk bertahan tanpa mengeringkan dan membuat bibir pecah-pecah.

10. Gunakan Translucent Powder
Coba aplikasikan bedak tabur transparan yang ringan setelah kamu selesai mengaplikasikan semua produk kulit makeup ke wajah. Ini tidak hanya akan memberikan hasil riasan yang matte dengan menyerap minyak berlebih yang tersisa di kulit, tetapi juga akan membuat makeup tahan lebih lama.

11. Selesaikan dengan Setting Spray
Kebanyakan orang tak menggunakan setting spray dengan alasan tak mau riasan makeup yang berlebihan. Padahal, setting spray justru bisa membuat makeup lebih tahan lama dan menyegarkan riasan loh, Kawan Puan.

Setting spray sangat populer sekarang ini karena ada berbagai formulasi berbeda yang membuat matte, menghidrasi, dan bahkan memiliki pigmen yang bisa mencerahkan untuk meningkatkan kilau di wajah. Itu dia cara untuk membuat riasanmu pergi kerja ke kantor atau kuliah di kampus lebih tahan lama tanpa harus melakukan touch up berkali-kali. (kompas/hm06)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: