22.8 C
Medan
Friday, January 28, 2022
spot_img

Bedanya Skincare Pemutih dan Pencerah Wajah yang Wajib Diketahui

Jakarta, MISTAR.ID

Tahukah kamu kalau produk pemutih dan pencerah wajah itu memiliki bahan, kandungan, serta efek samping yang berbeda? Nah, supaya tidak salah pilih, ini bedanya krim pencerah dan pemutih wajah yang perlu kamu ketahui!

Memiliki kulit putih dan cerah merupakan dambaan setiap wanita. Apalagi, ‘kiblat’ kecantikan beberapa tahun belakangan ini tertuju pada paras perempuan Korea. Tak heran jika skincare dengan manfaat memutihkan dan mencerahkan menjadi produk paling diincar di pasaran.

Nah, ini bedanya krim pencerah dan pemutih wajah:

Baca Juga:Ahli Kecantikan Richard Lee Berontak Dijemput Paksa dari Rumah

1. Pemutih Wajah

Pada dasarnya, pigmen kulit manusia berbeda-beda dan memiliki tingkatan yang bervariasi. Untuk menjadikan kulit lebih putih dari pigmen aslinya, biasanya memerlukan bahan khusus yang cukup berbahaya seperti bahan pemutih. Penggunaan skincare pemutih tanpa anjuran dan pengawasan dokter ternyata bisa memiliki efek yang buruk, seperti iritasi hingga memicu kanker kulit.

Pemutih wajah lebih mengandalkan zat atau senyawa kimia yang menghambat produksi melanin. Melanin dihasilkan oleh sel melanosit yang fungsinya mengatur kadar pigmentasi kulit. Jika kulitmu sering terpapar sinar UV, sebagai perlindungan, kulit akan memproduksi melanin lebih banyak. Dan, kondisi ini akan membuat kulit menjadi lebih gelap.

Beberapa pemutih juga banyak yang mengandung hydroquinone. Memang memberikan efek putih yang lebih cepat, namun berisiko membuat kulit iritasi. Tapi, ternyata bahan tersebut tidak disarankan ada di dalam produk skincare-mu. Apalagi, untuk ibu hamil karena berisiko mengganggu pertumbuhan janin.

Baca Juga:Tips Kecantikan, Yuk Hilangkan Si Kantong Mata dan Lingkaran Hitam

Bila kamu tertarik menggunakan pelembap yang mengandung pemutih, pastikan produknya sudah memiliki sertifikat dari BPOM sehingga aman untuk digunakan ya!

2. Pencerah Wajah

Produk yang memiliki manfaat mencerahkan kulit berarti produk tersebut membantu mengembalikan warna kulit yang kusam atau gelap menjadi warna kulit asli.

Maksud dari warna kulit asli adalah warna kulit sebelum banyak terpapar sinar matahari dan lingkungan sekitar dan paparan lingkungan lainnya. Warna kulit seseorang pada saat kanak-kanak biasanya lebih cerah daripada warna kulit saat dewasa.

Baca Juga:Kontes Kecantikan Jadi Klaster Baru Covid-19 di Thailand, 22 Positif

Efek dari skincare pencerah pun tidak langsung terlihat, biasanya kulit hanya terlihat lebih bersih, segar, dan lembut. Produk dengan manfaat mencerahkan kulit akan berusaha mengembalikan warna kulit menjadi warna kulit asli. Nah, produk pencerah kulit selalu mengandung exfoliant (pengelupasan) yang dikombinasikan dengan ekstrak tumbuhan alami.

Exfoliant ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan kulit tua yang ada di permukaan kulit, sehingga memudahkan sel kulit baru untuk naik ke atas dan menggantikan kulit yang mati. (medcm/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: