30.6 C
Medan
Sunday, July 3, 2022
spot_img

Kapan Jam Makan Siang yang Paling Tepat untuk Anda?

MISTAR.ID
Tubuh manusia diatur menurut ritme sirkadian, dimana proses fisiologis dasar kita, termasuk hormon kita dikendalikan menurut jam tubuh 24 jam. Ini berarti kita diprogram untuk membakar lebih banyak bahan bakar di paruh pertama hari itu, dan menyimpannya nanti.

Ini berarti tubuh juga diprogram untuk memiliki periode waktu tanpa makanan (semalaman) dan ada kalanya tubuh dalam mode penyimpanan dan perbaikan, sebagai lawan untuk memobilisasi bahan bakar dan membakarnya.

Tidak ada yang kami lakukan secara signifikan mengubah ini. Kita boleh bekerja shift kerja dan makan sepanjang malam, tapi tubuh akan tetap terprogram untuk tidak membakar banyak energi semalaman dan lebih cenderung menyimpan makanan yang dikonsumsi saat ini.

Baca Juga:Jangan Lewatkan Makan Siang karena Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Anda

Dalam banyak contoh, kita makan jauh lebih banyak di malam hari daripada di pagi hari dan kita tidak memberi tubuh waktu yang lama yang dibutuhkan dalam semalam tanpa makanan, untuk memungkinkan hormon yang mengontrol metabolisme lemak kembali ke tingkat dasar.

Karena alasan inilah fokus pada makan makanan yang benar pada waktu yang tepat adalah salah satu hal terkuat yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol berat badan dalam jangka panjang.

Untuk memanfaatkan metabolisme alami Anda, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah makan sesuatu di awal hari. Jam 9 atau 10 pagi sudah terlambat untuk sarapan. Salah satu alasan Anda merasa lebih lapar pada hari-hari Anda meluangkan waktu untuk sarapan pagi adalah karena metabolisme Anda telah ditingkatkan. Idealnya kita perlu makan pada jam 7 atau 8 pagi untuk menjalankan sistem kita setiap pagi.

Baca Juga:Ini Jenis Makanan dan Bagaimana Menikmati Makanan Sesuai dengan Zodiak Anda

Jika Anda memulai hari lebih awal, makan siang Anda pada pukul 2 atau 3 sore, sudah terlalu terlambat, karena kita membakar lebih banyak kalori dan umumnya membakar lebih banyak energi antara jam 8-18 malam.

Secara umum Anda akan merasa lapar 3-4 jam setelah makan pertama Anda yang berarti kebanyakan dari kita akan mendapat manfaat dari makan siang lebih awal. Pilihan lain untuk orang yang bangun pagi adalah menikmati dua makan siang kecil, satu pada pukul 11-12 siang dan satu lagi pada pukul 2-3 siang. Hindari ngemil yang tidak perlu sepanjang hari.

Idealnya tubuh membutuhkan setidaknya 10-12 jam tanpa makanan dalam semalam, yang bagi kebanyakan dari kita berarti kita perlu makan malam sebelum jam 8 malam, tetapi lebih awal lebih baik.

Jika Anda secara rutin makan malam setelah jam 8 malam, pilihan lain adalah menjadikan makan siang sebagai makanan utama Anda hari itu dan kemudian menikmati makanan yang lebih ringan seperti sup, telur dadar, atau salad di malam hari.

Atau bagi mereka yang bekerja sepanjang hari, menikmati kudapan yang banyak pada pukul 3-4 sore, diikuti dengan makan malam ringan nanti akan membantu memberikan tubuh Anda waktu semalam yang dibutuhkan untuk mendukung pengendalian berat badan, dibandingkan dengan kenaikan berat badan bertahap yang kita lihat dengan makanan berat yang dikonsumsi di malam hari. (bodyandsoul/ja/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: