23.2 C
Medan
Wednesday, August 10, 2022
spot_img

Kandungan dan Manfaat Sereh bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

MISTAR.ID

Sereh saat ini dipercaya sebagai salah satu tumbuhan untuk memperkuat imun tubuh dengan diramu rempah lainnya. Dan saat ini mulai banyak dikonsumsi untuk mengantisipasi Covid-19. Namun ternyata masih banyak manfaat sereh bagi kesehatan yang belum banyak diketahui khalayak umum. Umumnya, sereh dikenal sebagai penyedap bahan masakan karena memiliki rasa dan aroma yang dianggap khas dan menyegarkan.

Sereh memiliki kandungan yang kaya nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, folat, zat besi, magnesium, tembaga, potasium, kalsium, dan mangan.

Sereh juga bisa diproduksi masal di kalangan industri dan dimanfaatkan untuk diambil minyaknya dan disebut dengan minyak atsiri.

Baca juga: Air Kelapa Muda Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Tetapi Bukan Obat Covid-19

Minyak ini bermanfaat satu di antaranya untuk mengusir nyamuk karena kandungan sitronela di dalamnya. Selain digunakan sebagai bahan obat pengusir nyamuk, olahan sereh mampu menjadi aromaterapi untuk menghilangkan stres.

Selain manfaat-manfaat di atas, masih ada manfaat lain dari sereh yang belum banyak diketahui. Berikut manfaat sereh bagi kesehatan, dikutip dari Merdeka, Rabu (6/1/2021).

Manfaat sereh bagi kesehatan diperoleh dari sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, sereh memiliki kandungan beberapa antioksidan.

Antioksidan dapat membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit. Antioksidan dalam serai adalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Antioksidan ini dapat membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner.

2. Antimikroba

Air rebusan serai memiliki manfaat bagi kesehatan, yaitu sebagai sumber antimikroba. Air rebusan serai dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang berkat sifat antimikroba.

Minyak atsiri sereh menunjukkan kemampuan antimikroba yang dapat melawan bakteri Streptococcus mutans, yang merupakan bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi.

Baca juga: Ini Tips Sehat Konsumsi Hidangan Lebaran

3. Anti Peradangan

Manfaat sereh bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat mengatasi peradangan. Dua senyawa yang ada di dalam serai, yaitu citral dan geranial merupakan senyawa yang dianggap bertanggung jawab atas manfaat anti-peradangan.

Senyawa-senyawa tersebut dikatakan dapat membantu menghentikan pelepasan penyebab peradangan tertentu yang ada di dalam tubuh. Dengan sifat anti peradangan tersebut, serai dapat mencegah berbagai peradangan, seperti flu, sakit tenggorokan, hingga masalah pencernaan akibat peradangan.

Sereh dikenal sebagai diuretik yang dapat melancarkan buang air kecil. Buang air kecil yang lancar dapat membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium.

Meminum teh sereh dapat memiliki efek diuretik, yang berarti dapat merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urine.

Efek diuretik ini membantu membersihkan ginjal dan meningkatkan fungsinya. Efek diuretik ini pada tubuh dapat bermanfaat dalam kasus di mana retensi air menyebabkan kembung.

5. Mengurangi Resiko Kanker

Kandungan citral dalam serai memiliki kemampuan antikanker yang kuat terhadap beberapa garis sel kanker. Beberapa komponen serai dapat membantu melawan sel kanker.

6. Membuat Pencernaan Lebih Sehat

Manfaat sereh bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat membuat pencernaan lebih sehat. Secangkir teh sereh adalah obat alternatif untuk mengatasi sakit perut, keram perut, dan masalah pencernaan lainnya.

Minyak atsiri daun sereh dapat membantu melindungi lapisan perut terhadap kerusakan dari aspirin dan etanol.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat sereh bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Air rebusan sereh bisa digunakan sebagai minuman detoksifikasi untuk melancarkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

Hal ini karena sifat diuretik alaminya. Daun serai dan batangnya mengandung polifenol yang meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak, efek ini bisa mendukung penurunan berat badan.

8. Bantu Mengurangi Kecemasan

Banyak orang telah menemukan manfaat bahwa meminum teh sereh dapat menawarkan sifat mengurangi kecemasan Anda. Aroma serai dipercaya dapat membantu mengatasi kecemasan.

Sereh juga dapat memiliki efek menenangkan, yang dapat membantu Anda untuk tidur nyenyak. Hal tersebut juga dapat membantu meringankan insomnia akibat kecemasan. (bola/hm06)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: