31 C
Medan
Sunday, May 29, 2022
spot_img

Jerawat Buta, Apa Penyebab dan Cara untuk Mengatasinya

MISTAR.ID

Apa itu jerawat buta? Jerawat buta merupakan jerawat yang tidak muncul di permukaan kulit. Benjolan jerawat ini di terbentuk di bawah kulit dan sangat menyakitkan. Rasa sakit ini disebabkan karena tekanan yang disebabkan benjolan di bawah kulit. Itulah mengapa permukaan di atas benjolan ini sensitif dan tidak boleh disentuh dan ditusuk. Anda dapat dengan mudah merasakan benjolan tetapi tidak dapat melihatnya

Mengapa jerawat buta ini terjadi? Jerawat seperti itu terjadi karena penumpukan bakteri dan sebum. Jika Anda memiliki pori-pori besar dan kulit berminyak, jerawat buta bisa terjadi dengan mudah dan juga ketika tidak melakukan pembersihan yang tepat. Bakteri terperangkap di bawah pori-pori dan terbentuk lebih dalam di kulit.

Berapa lama jerawat buta bertahan? Jika tetap berada di bawah kulit, maka jerawat butuh waktu berbulan-bulan untuk menghilang. Jika mulai meradang, maka mungkin muncul di permukaan kulit dan bisa hilang dengan mudah.

Baca juga: Kandungan Dalam “Skincare” yang Paling Dicari Sepanjang 2019

Bagaimana menanganinya? Mencabut dan menekan hanya akan membuat jerawat jenis ini semakin parah, jadi apa pun yang terjadi, jangan disentuh. Jerawat buta perlu ditenangkan dan sebenarnya tidak mungkin pecah dari dalam kulit.

Mencoba memencet akan menyebabkan rasa sakit, meningkatkan peradangan dan bahkan menyebabkan jaringan parut yang besar. Cara terbaik untuk mengobatinya adalah dengan mengunjungi dokter kulit. Anda juga bisa mencoba hal berikut untuk mengobatinya di rumah:

Cobalah asam salisilat. Asam ini dikenal sebagai salah satu pelawan jerawat terbaik yang membantu mengeringkan jerawat. Untuk jerawat buta, Anda bisa menggunakan pembersih yang mengandung bahan ini. Jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif dan kering, gunakan produk hanya di area yang sakit.

Baca juga: Begini Cara Agar Kulit Wajah Sehat Alami Meski Tanpa Make-Up

Menenangkan peradangan. Jika jerawat menyebabkan rasa sakit yang berlebihan, gunakan terapi es. Cuci muka Anda dengan pembersih asam salisilat seperti yang disebutkan di atas. Setelah dibersihkan, gunakan kompres es 2-3 kali dalam waktu satu jam. Ini akan membantu mendinginkan area, mengurangi rasa sakit dan mengurangi pembengkakan.

Hancurkan bakteri. Anda juga dapat mencoba benzoyl peroxide, yang membantu membunuh bakteri. Anda bisa mencobanya untuk jerawat besar. Namun, tetap berhati-hati dan gunakan produk ini dengan benar. Pastikan Anda melembabkan area tersebut dan melakukan perawatan di area yang sakit saja. Gunakan sedikit saja dan jika terasa perih, segera cuci bersih. (tolbeauty/ja/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: