8.8 C
New York
Thursday, March 28, 2024

Ini 5 Cara Atasi Frustrasi Saat Bekerja

Jakarta, MISTAR.ID

Frustrasi adalah rasa kecewa yang muncul karena terhalangnya target untuk mencapai tujuan. Kondisi ini juga bisa terjadi akibat kegagalan berulang, situasi kerja dan lingkungan yang tidak nyaman.

Frustrasi saat bekerja menjadi persoalan ketika mulai mengganggu kesehatan fisik dan mental. Dari segi fisik, karyawan akan mengalami rasa lelah berlebihan, sakit kepala, kaku pada otot leher, insomnia dan penurunan nafsu makan.

Sementara dari segi mental, mereka akan mengalami rasa cemas berlebihan, putus asa, pesimis, merasa kewalahan dengan beban pekerjaan dan sulit konsentrasi. Tak jarang mereka mengalami perubahan mood jadi cepat marah.

Frustrasi akibat banyaknya pekerjaan membuat kamu lupa menyisihkan waktu untuk diri sendiri. Tanpa sadar, kamu tak lagi memiliki waktu melakukan kegiatan yang disukai sebelumnya. Salah satu cara efektif untuk mengatasi frustrasi adalah berhenti sejenak dan habiskan waktu untuk me time. Luangkan waktu sekadar menonton film, baca buku atau ke salon.

Baca Juga:Joe Biden Frustrasi, Ini Pemicunya

Selain me time, kamu bisa melakukan beberapa cara ini untuk mengatasi frustrasi saat bekerja:

  1. Manajemen Waktu

Perencanaan kerja yang baik akan membantu menghabiskan waktu lebih efisien. Pengelolaan waktu yang baik membuat kamu lebih fokus mencapai target. Ini juga bisa membuat tugas selesai lebih cepat. Ketika tugas selesai lebih cepat, kamu memiliki banyak waktu luang untuk menyelesaikan pekerjaan lain. Ini juga membuat konsentrasi tidak pecah karena pekerjaan yang menumpuk.

  1. Hindari Konflik

Konflik antar rekan kerja jadi salah satu pemicu stres yang berujung pada frustrasi. Kebanyakan pemicunya adalah masalah personal. Ini dapat berujung pada saling menghindari untuk mencegah situasi yang tidak nyaman. Untuk mencegah rasa tidak nyaman ini, kamu bisa memisahkan antara masalah pribadi dan pekerjaan tanpa melibatkan emosi.

Baca Juga”Viral Video Curhatan Sopir Soal Penutupan Pintu Masuk Provinsi, Ini Kata Psikolog

  1. Jangan Terlalu Perfeksionis

Seorang perfeksionis biasanya keras pada diri sendiri, apalagi ketika kondisi tidak berjalan sesuai keinginan. Mereka menganggap setiap pekerjaan harus sempurna dan tidak boleh ada kekurangan. Ini tak hanya membuat diri sendiri jadi kewalahan, tapi juga orang yang bekerja sama dengan mereka. Ketimbang menjadi perfeksionis, coba kerjakan semua pekerjaan sesuai kemampuan.

  1. Bicarakan dengan Atasan

Memang agak canggung rasanya berkeluh kesah tentang pekerjaan dengan atasan. Tapi, ini bisa jadi salah satu cara meredakan frustrasi di tempat kerja. Kamu juga berhak menolak jika merasa beban yang diberikan atasan sudah melewati batas kemampuan atau di luar tanggung jawab.

  1. Ambil Waktu untuk Liburan

Frustrasi di tempat kerja bisa jadi tanda kalau kamu kurang piknik. Kamu bisa memanfaatkan waktu weekend untuk mengunjungi tempat favorit atau destinasi wisata dalam kota yang belum pernah dikunjungi. Cara ini memang tidak langsung menyelesaikan penyebab frustrasi. Tapi, setidaknya kamu bisa menyegarkan pikiran agar kembali jernih. (halodoc/hm14)

Related Articles

Latest Articles