28.9 C
Medan
Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Ini 4 Kunci Sukses Memilih Jurusan Kuliah

Jakarta, MISTAR.ID

Bagi yang ingin melanjutkan kuliah, maka harus mempersiapkan diri mulai dari sekarang. Tentu yang paling penting ialah menentukan jurusan kuliah yang tepat.

Hal itu disebabkan jurusan yang kamu pilih akan menentukan masa depan dan prospek kerja. Apa saja persiapan yang bisa dilakukan sebelum menentukan jurusan kuliah?

  1. Pahami jurusan kuliah yang jadi tujuan

Di Indonesia, ada banyak kampus juga banyak jurusan kuliah. Setiap jurusan tentunya mempelajari hal yang berbeda-beda. Maka kamu harus benar-benar memahami jurusan yang akan dipilih. Biasanya, siswa saat memasuki tingkat akhir di SMA terdapat bimbingan konseling untuk siswa.

Baca Juga:Mahasiswa, Ini 8 Tips Ketika Salah Pilih Jurusan Kuliah

Guru BK tersebut akan menjelaskan mengenai jurusan perkuliahan dan merekomendasikannya kepadamu sesuai prestasi atau pencapaian selama kamu bersekolah. Bimbingan konseling akan memberikan gambaran umum tentang jurusan perkuliahan.

Setelah itu, kamu harus mencari informasi yang lebih mendalam tentang jurusan yang kamu minati. Kamu bisa mencarinya lewat berbagai situs internet. Selain itu, kamu juga bisa bertanya langsung kepada para senior yang sudah menekuni jurusan tersebut.

  1. Harus objektif

Menentukan jurusan kuliah tidak dapat dilakukan dengan subjektif. Jika kamu menyukai satu jurusan kuliah, kamu bisa mendiskusikannya dengan orang-orang di sekitarmu, terutama dengan orang tuamu.

Baca Juga:Agar Tak Salah Memilih Perguruan Tinggi Swasta, Ini Tipsnya

Kamu juga bisa mendiskusikannya kembali dengan guru BK di sekolah. Tentunya, beliau juga akan memberikan beberapa informasi dan saran kepada kamu. Setelah itu, barulah kamu cari informasi jurusan tersebut secara mandiri melalui internet. Dengan demikian, kamu tidak akan subjektif saat memilih jurusan.

  1. Pertimbangkan prospek karir

Ketika mempertimbangkan jurusan kuliah, kamu harus memahami prospek kerja dari jurusan tersebut. Saat ini banyak orang yang memilih jurusan kuliah dengan tujuan dapat bekerja dengan gaji besar. Namun, sebaiknya kamu juga memilih jurusan yang cocok dengan minat bakatmu.

Setelah kamu merasa cocok dengan jurusan tersebut, nantinya kamu dapat menikmati masa perkuliahanmu dan menjalaninya dengan baik. Pastikan kamu nyaman dan mampu menghadapi perkuliahan tanpa harus mengalami stres.

  1. Jurusan kuliah harus menantang

Tak kalah penting ialah memilih jurusan kuliah yang cocok dan menantang. Seseorang akan berkembang jika menghadapi tantangan dan permasalahan yang belum pernah dihadapi. Hal itu juga akan membuatmu semakin siap menghadapi dunia kerja atau demi masa depan yang lebih baik. (kompas/hm14)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: