27.9 C
Medan
Wednesday, January 26, 2022
spot_img

Ingin Anak Anda Meminati Ilmu Pengetahuan? Ikuti Beberapa Kiat Ini

Jakarta, MISTAR.ID

Setiap orang tua, tentu sangat menginginkan anak-anaknya pintar bidang ilmu pengetahun dan ilmu agama. Sebuah perusahaan multinasional 3M membagi sejumlah kiat bagi orang tua untuk memicu minat anak akan ilmu pengetahuan yang bisa dimulai dari rumah.

Dikutip dari keterangan resmi pada Sabtu (4/12/21), kiat pertama adalah orang tua berani untuk mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh anak dan coba mencari jawabannya bersama-sama.

“Saat muncul pertanyaan dari anak Anda, itulah waktu terbaik untuk belajar. Ketika si kecil bertanya, luangkan waktu untuk menjelaskan kepada anak Anda,” kata 3M.

Baca Juga: Dosen Farmasi USU Edukasi Mahasiswa Membuat Kosmetik Berbahan Alami

“Jika Anda tidak yakin dengan jawabannya, jadikan ini sebagai kesempatan untuk belajar lagi. Cari jawaban bersama dengan anak Anda dengan mengunjungi perpustakaan atau membaca artikel online,” imbuhnya.

Kedua, adalah bermain permainan ilmu pengetahuan. Laporan American Academy of Pediatrics menunjukkan bahwa bermain menumbuhkan keterampilan sosial-emosional, kognitif, bahasa dan mengelola diri sendiri yang mendukung fungsi penting dan perkembangan otak anak.

Ajari anak Anda bagaimana cara kerja gesekan dengan memainkan permainan tarik tambang, atau biarkan mereka membuat permainan papan atau board game sendiri menggunakan sirkuit kertas.

Baca Juga: Teknologi Kesehatan Bantu Pandemi Jadi Endemi

“Jika Anda lebih suka game ilmu pengetahuan online, orang tua bisa memperkenalkan ilmu pengetahuan mengenai komputer kepada anak dengan cara yang menyenangkan dan mudah dicerna, seperti belajar seputar Angry Birds dan Minecraft,” kata 3M.

Lebih lanjut, buat mainan sendiri. Meskipun teknologi adalah alat yang bagus untuk mempelajari ilmu pengetahuan, kita tetap bisa melakukannya tanpa harus melihat layar gadget. Dorong anak untuk membuat mainan mereka sendiri menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar mereka.

Menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh Gallup terhadap lebih dari 1.036 guru, 2.673 orang tua dan 853 siswa, mempromosikan kreativitas dalam pendidikan adalah kunci. Mendorong kreativitas selama proses belajar akan meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan berpikir kritis pada siswa.

Baca Juga: Yacouba Sawadogo, Awalnya Diejek Sampai Akhirnya Kalahkan Ilmuwan

Langkah keempat adalah mengunjungi museum ilmu pengetahuan dan pameran. Ajak anak-anak ke acara ilmu pengetahuan selama akhir pekan atau liburan sekolah. Ini adalah petualangan yang sempurna untuk belajar dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

Kiat terakhir adalah orang tua untuk ikut terlibat dalam kegiatan secara langsung. “Memanfaatkan rasa ingin tahu anak-anak Anda yang tidak pernah berakhir dan ajak mereka untuk terlibat dalam semua kegiatan,” kata 3M.

Orang tua juga bisa mencoba berbagai eksperimen sederhana di rumah yang dapat ditemukan di laman web 3M Science At Home.(antara/hm02)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: