25 C
Medan
Wednesday, May 25, 2022
spot_img

Hati-hati! Overwork Bisa Picu Gagal Jantung

Jakarta, MISTAR.ID
Dokter spesialis jantung yang juga pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (UNAIR) Andrianto mengatakan, bahwa ketika seseorang mengalami pekerjaan atau aktivitas secara berlebihan (overwork) maka akan terjadi peningkatan beban yang berlebihan melampaui beban normal jantung semestinya.

Dan, sesuatu yang berlebihan lebih sering berujung pada hal yang tidak baik. Begitu juga dengan melakukan overwork. Pasalnya, pekerjaan berlebih atau overwork bisa menyebabkan gagal jantung. Mengapa?

Secara otomatis jantung akan memenuhi kebutuhan tubuh melalui mekanisme kompensasi. Mekanisme ini pada dasarnya adalah daya kerja cadangan jantung yang digunakan untuk mengatasi beban kerja jantung berlebih.

Baca Juga:Ini 7 Kondisi yang Bisa Memicu Gagal Jantung

“Pada titik tertentu mekanisme kompensasi jantung akan gagal dan jika terjadi overload maka hal ini bisa mengakibatkan gagal jantung,” ujarnya, Senin (29/11/21).

Gagal jantung bisa terjadi secara akut atau kronik. Gagal jantung akut terjadi pada seseorang yang sebelumnya tidak tahu jika memiliki kelainan jantung tertentu dan kemudian mengalami gejala gagal jantung secara tiba-tiba.

Sedangkan gagal jantung kronik terjadi pada seseorang yang memiliki kelainan jantung tertentu, disertai dengan menurunnya fungsi dan terjadi sudah beberapa lama.

Baca Juga:Obat Diabetes Ini Dapat Mengobati Gagal Jantung dan Mengurangi Risiko Rawat Inap

“Gagal jantung akut yang baru atau perburukan gagal jantung kronik dapat dipicu oleh aktivitas yang berlebihan atau overwork. Oleh karenanya diperlukan keseimbangan kemampuan dan beban tubuh utamanya organ jantung dalam aktivitas sehari-hari untuk mencegah terjadinya gagal jantung,” tegasnya.

Namun jika seseorang telah didiagnosa oleh dokter mengidap penyakit tertentu seperti hipertensi, penyakit jantung koroner, atau diabetes melitus maka konsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter secara tepat dan kontrol secara rutin juga menjadi salah satu cara agar tidak mengalami gagal jantung.(cnn/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: