26.8 C
Medan
Wednesday, August 17, 2022
spot_img

Depresi Lebih Menyerang Pria, Kenali Gejalanya

MISTAR.ID
Depresi adalah penyakit yang melumpuhkan, sama seperti penyakit lainnya. Sayangnya, ini adalah penyakit yang selalu diabaikan. Kebanyakan orang yang menderita penyakit ini tidak pernah mencari pengobatan, baik karena tidak sadar bahwa mereka mengalami depresi klinis, atau karena mereka tidak mau mengakui bahwa mereka sakit jiwa.

Kondisi ini lebih umum pada pria daripada wanita, dengan pria 3,5 kali lebih mungkin meninggal karenanya. Berikut tujuh gejala depresi pria yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Suasana hati yang menurun
Sementara memiliki suasana hati yang menurun dari waktu ke waktu adalah hal yang normal pada awalnya, sebagai akibat depresi memanifestasikan dirinya secara berbeda. Ini kebanyakan berlangsung lama, memakan waktu berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan.

Ini diperburuk oleh gejala depresi lainnya seperti kelelahan dan kurang tidur. Orang yang terpengaruh, kurang tertarik pada hidup, dan tidak menanggapi upaya orang yang mencoba menghiburnya.

Baca Juga:Mari Kenal Lebih Jauh Tentang Depresi

2. Kemarahan yang tidak bisa dijelaskan
Pria yang depresi akan marah tanpa alasan. Mereka bertengkar dengan pasangan mereka karena masalah yang tidak penting, dan berteriak pada bos mereka tanpa alasan, tanpa memikirkan konsekuensinya. Ledakan kemarahan ini sering terjadi dan kemudian disesali.

3. Kelelahan
Pria yang depresi sering kekurangan energi yang akan membuat mereka terlihat tidak aktif. Seorang suami yang dulunya pemberani dan aktif tiba-tiba berubah menjadi orang yang lebih suka bermalas-malasan. Mereka mulai menunda tugas dan menjadi lamban di tempat kerja.

Perasaan sangat lelah ini sering diperburuk oleh insomnia yang berhubungan dengan depresi. Jika Anda tidak bisa tidur dan istirahat di malam hari, rasa lelah akan terbawa keesokan harinya.

4.Kurangnya gairah seks
Depresi sering kali menyebabkan penurunan libido. Sebanyak tiga perempat pria yang menderita depresi melaporkan penurunan gairah seks, dengan kebanyakan dari mereka adalah pria muda yang berada di usia yang seharusnya aktif secara seksual.

Baca Juga:Diduga Depresi, Suami Bunuh Istri Di Asahan

5. Kecerobohan
Pria yang depresi akan mengemudi dengan sangat cepat, biasanya di tempat-tempat yang tidak seharusnya mereka lakukan. Mereka melakukan perkelahian yang tidak perlu, dan kemungkinan besar mereka akan kalah. Serta melakukan hal-hal ceroboh lainnya.
Mereka bahkan mungkin sengaja terlibat masalah dengan polisi. Meskipun tindakan ini mungkin tampak sebagai akibat dari kurangnya kebijaksanaan, di balik itu semua sering kali adalah efek mental dari depresi.

6. Menjadi antisosial
Kebanyakan pria yang menderita depresi sering kali memendam gagasan bahwa dunia sedang melawan mereka. Mereka terlalu banyak membaca kata-kata dan tindakan orang, dan dengan menafsirkan tindakan itu berarti semua orang tidak menyukai mereka.
Ini menyebabkan penderita lebih memilih untuk menjauh dari teman, tetap di dalam ruangan dan sendirian. Mereka menolak undangan pesta dan membatalkan rencana untuk pergi keluar dengan teman-teman tanpa alasan.

7. Ketergantungan alkohol
Menurut statistik, hampir seperempat pria yang menderita depresi juga peminum berat. Pria yang depresi selalu ingin mencari cara untuk melepaskan diri dari pikiran negatif yang menyerang pikiran mereka. Mereka beralih ke obat-obatan dan zat peningkat suasana hati lainnya, dengan alkohol yang paling banyak digunakan.

Perawatan untuk depresi biasanya melibatkan pemberian obat bersamaan dengan terapi. Jika tidak ditangani, depresi bisa berakibat fatal, dengan pria yang menderita depresi lebih cenderung bunuh diri.(depressionfixed/ja/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: