Berapa Kali Anda Harus Bersepeda Setiap Minggu untuk Tetap Bugar?

Ilustrasi.Saat bersepeda.(f:ist/mistar)

MISTAR.ID

Bersepeda bukan hanya kegiatan santai tetapi merupakan bentuk latihan aerobik yang sangat baik. Baik Anda ingin tetap sehat atau untuk menurunkan berat badan, atau mengencangkan otot, bersepeda adalah pilihan yang tepat.

Mengendarai sepeda juga meningkatkan mood Anda dan memberi energi pada Anda. Tentu saja, saat Anda mengendarai sepeda agar bugar, Anda harus konsisten dan harus menempuh jarak tertentu yang cukup jauh. Tapi berapa lama sebaiknya Anda bersepeda dalam satu siklus agar tetap bugar?

Tujuan Anda
Hal pertama yang pertama, perbaiki tujuan Anda. Ini akan membantu Anda tetap fokus dan energik. Targetkan tujuan kecil dan realistis. Jika tujuan Anda hanya untuk tetap bugar, Anda tidak perlu banyak mengayuh setiap hari.
Aturan dasarnya adalah bersepeda untuk jarak pendek, tetapi secara teratur. Para ahli menyarankan bahwa sesi pelatihan singkat yang sering lebih efektif daripada sesi panjang yang jarang.

Waktu
Orang dewasa antara 18 hingga 64 tahun harus melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama dua setengah tahun setiap minggu agar tetap bugar. Namun jika Anda bersepeda, maka Anda harus melakukannya setidaknya selama 30 hingga 45 menit setiap hari.

Baca juga: Tips Cara Mengoreksi Anak Manja

Tiga sesi pelatihan bersepeda untuk dipilih:
Jika tujuan Anda adalah tetap bugar, maka lakukan ketiga perjalanan ini setiap minggu.
1. Lama perjalanan selama 60 menit dan lebih
Lakukan perjalanan panjang selama 60 menit dengan conversational pace (ukuran kecepatan yang ditempuh sambil melakukan percakapan atau berguman atau bernyanyi untuk pengendara solo). Ini akan membantu meningkatkan daya tahan Anda. Berkendara dengan lambat, agar pernapasan Anda dalam, berirama, dan teratur. Untuk sesi ini, selalu gunakan trek datar. Fokus pada bersepeda dan istirahat beberapa menit di sela-sela waktu minum air dan makan cemilan. Latihan ini akan melatih tubuh Anda untuk membakar bahan bakar secara efisien dan akan membantu dalam menjaga postur tubuh yang baik.

2. Hillly Ride (tanjakan) selama 30 hingga 60 menit
Mengendarai di medan berbukit bisa jadi sangat sulit, jadi lakukan secara perlahan. Kayuh dengan kecepatan normal selama sepuluh menit (untuk pemanasan) dan kemudian kendarai dengan kecepatan cepat selama lima menit. Saat melakukan sesi ini, Anda harus menarik napas dalam-dalam dan hanya bisa mengucapkan satu atau dua kata. Waktu pemulihan Anda harus satu menit dan kemudian diulangi. Cobalah mengendarai sepeda dengan kecepatan tinggi setidaknya selama 20 menit. Latihan seperti itu akan membantu meningkatkan efisiensi otot Anda.

3. Berkendara kencang selama 30-60 menit
Bersepeda dengan kecepatan tinggi dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan bahkan baik untuk jantung Anda. Selama sesi ini Anda harus mengayuh dengan kuat, tetapi untuk interval waktu yang singkat. Mulailah dengan sesi pemanasan sepuluh menit dan kemudian kayuh dengan kecepatan tinggi selama lima menit, diikuti dengan waktu pemulihan selama 30 detik. Kayuh dengan ringan selama lima menit lalu ulangi (TimesofIndia/ja/hm07)