Apakah Anda Sudah Final akan Bercerai? Ini yang Perlu Disampaikan kepada Orangtua Anda

Ilustrasi.(net)

MISTAR.ID–Keputusan Anda untuk bercerai mungkin sudah final dan tidak akan ada siapapun yang bisa menghalangi keputusan Anda tersebut, termasuk orangtua Anda. Meskipun merupakan keputusan pribadi, orangtua Anda sebagai orang terdekat dengan Anda berhak untuk mendengarkan penjelasan dari mulut Anda sendiri dan bukan mendengarnya dari orang lain.

Tidak mudah memang ketika harus memberitahukan keputusan seperti itu. Apalagi ketika orangtua Anda adalah orang yang sangat menentang perceraian entah itu sebagai prinsip hidup atau prinsip agama yang mereka yakini. Intinya adalah setuju atau tidak, mereka harus tahu tentang hal ini dan keputusan tetap ada di tangan Anda. Beritahu mereka dengan menjelaskan secara tenang dan logis. Pada akhirnya mereka akan bisa mengerti dengan kepututsan Anda tersebut.

Beritahu situasi Anda yang sebenarnya saat ini. Ceritakan apa yang menjadi poin utama dalam keputusan Anda dan apa yang akan terjadi jika Anda tetap dalam situasi tersebut. Dengan demikian orangtua akan mengetahui apa yang menjadi masalah dan apa yang menjadi alasan atas keputusan Anda.

Baca Juga: 6 Alasan Perceraian Lebih Sulit bagi Pria Dibanding Wanita

Sampaikan rencana Anda. Apa yang akan Anda lakukan setelahnya, dari urusan tempat tinggal, pengasuhan anak-anak, finansial, dan hal baru lainnya yang akan dihadapi. Tanpa bermaksud untuk menambah beban pikiran dan kekhawatiran mereka, coba sampaikan semua itu dengan menyakinkan bahwa Anda akan baik-baik saja setelah bercerai nantinya.

Tidak lagi bernegosiasi. Tegaskan kepada orangtua Anda untuk tidak melakukan segala sesuatu yang bermaksud untuk berdiskusi, bernegosiasi, berbicara empat mata dengan mantan menantu mereka dengan tujuan untuk membatalkan rencana perceraian Anda. Mereka mungkin bermaksud baik ingin mendamaikan kembali, tetapi Anda sudah berkeputusan dan jangan sampai campur tangan orangtua malah bisa membuat situasi bertambah parah nantinya.

Memastikan bahwa Anda akan baik-baik saja. Kekhawatiran orangtua kepada anaknya selalu menjadi hal pertama mengapa sebagian pasangan yang akan bercerai menunda untuk memberitahukan kepada orangtua mereka. Tetapi jika Anda bisa memastikan kepada orangtua Anda bahwa setelah perceraian, Anda akan baik-baik saja, maka mereka pun akan merasa lebih tenang.

Baca Juga: Apakah Normal Merasa Tertarik Pada Seseorang Saat Anda Berada Dalam Hubungan Berkomitmen?

Meskipun Anda merasa sudah dewasa saat ini, bagi orangtua Anda tetaplah ‘bayi’ mereka dan kekhawatiran akan anak-anaknya akan selalu
ada. Jadi cobalah untuk tidak menambah khawatiran mereka dengan keputusan perceraian tanpa membicarakan terlebih dahulu dengan mereka.(juliana ang/hm02)