Apakah Anda Cemburu dengan Teman Anda, Ini Tandanya

Ilustrasi. (f:ist/mistar)

MISTAR.ID

Tidak ada yang akan mengakui bahwa mereka cemburu, terutama jika menyangkut teman sendiri. Kita seharusnya bahagia untuk mereka saat semuanya baik-baik saja. Namun terkadang perasaan cemburu yang negatif itu menguasai kita. Sebelum Anda merusak persahabatan Anda karena itu, kenali mengapa Anda cemburu dan ini akan membantu Anda melewatinya. Kelima tanda ini bisa Anda kenali sejak dini sehingga Anda bisa melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

1. Anda Tidak Senang dengan Kabar Baik Mereka
Ketika seorang teman akhirnya mencapai tujuan atau mengalami sesuatu yang hebat dalam hidupnya, Anda harus merasa bahagia sebagai temannya. Jika tidak, Anda perlu bertanya pada diri sendiri mengapa. Seringkali hal tersulit yang harus dihadapi adalah waktu. Ketika teman Anda mendapatkan sesuatu sebelum Anda melakukannya, sulit untuk menerima keberuntungan mereka ketika Anda mempertanyakan kekayaan atau kemampuan Anda untuk mencapai suatu tujuan. Realisasi ini bisa keluar dalam bentuk kecemburuan.

2. Anda Mencoba Mengurangi Prestasi Teman Anda
Terkadang kecemburuan muncul sebagai penyangkalan, dan akibatnya, Anda akan mencoba meremehkan kesuksesan teman Anda. Di lain waktu, Anda mungkin mencoba menjatuhkan mereka satu atau dua kali dengan memberi tahu mereka bahwa pencapaian mereka tidak sebesar yang mereka kira. Bagaimanapun, Anda tidak bertindak mendukung dan perlu memikirkan kembali apa tujuan Anda melakukan itu.

Baca Juga:Cemburu dan Menduga Istri Selingkuh, Terungkap: Pembunuh Bocah 4 Tahun Ternyata Ayahnya

3. Anda Menghindari Teman Anda
Baik di media sosial atau secara langsung, Anda akan berusaha keras untuk menghindari komunikasi dengan teman Anda. Anda akan takut memikirkan atau mendengarkan cerita positif mereka dan bahkan tidak membalas email atau chat mereka.
Mengabaikan seorang teman sehingga Anda tidak perlu mendengarkan mereka berbicara tentang hal-hal baik yang terjadi dengannya adalah hal yang tidak baik untuk dilakukan kepada seorang teman, dan jelas menandakan unsur kecemburuan.

4. Anda Terlalu ‘Melekat’ Dengan Teman Anda
Kebalikan dari penghindaran dalam persahabatan adalah kemelekatan, tetapi keduanya bisa berasal dari perasaan cemburu yang sama. Dalam hal ini, alih-alih lari dari seorang teman, Anda takut untuk meninggalkannya. Jenis perilaku ini terjadi ketika seseorang mendapatkan teman baru, dan Anda takut mereka akan meninggalkan persahabatan Anda demi yang lain. Anda mungkin menjadi lengket karena ketakutan. Hal lain yang dapat terjadi adalah ketika Anda begitu cemburu sehingga Anda mencari gosip untuk disebarkan kepada orang lain tentang teman Anda, jadi Anda lebih sering bergaul dengan teman Anda hanya agar Anda dapat membicarakan lebih banyak hal yang tidak benar nanti.

Baca Juga:Psikolog: Istri Membunuh Suami Motifnya Cemburu

5. Anda Merasa Perlu Bersaing Dengan Teman Anda
Anda tahu bahwa Anda merasa cemburu ketika Anda berusaha keras untuk mengalahkan rekor teman Anda atau mencapai puncak pencapaiannya. Mungkin Anda berpikir bahwa dengan melakukan lebih dari yang teman Anda lakukan, Anda akan menghilangkan perasaan cemburu Anda. Terkadang teman benar-benar bersaing satu sama lain, dan persaingan ini bisa menjadi sehat dan memungkinkan Anda berdua untuk mendorong diri lebih jauh dari sebelumnya. Saat Anda ingin bersaing dengan cara yang tidak sehat dan lebih didominasi oleh perasaan cemburu, perilaku ini bisa menjadi buruk.

Pendekatan yang lebih baik adalah mencari tahu mengapa Anda cemburu pada teman Anda dan mengatasinya. Tentu, Anda masih bisa berusaha mencapai tujuan Anda sendiri, tetapi jangan menjadi teman yang buruk dalam prosesnya. Lagipula, tidakkah Anda ingin teman-teman Anda mendukung Anda saat Anda memiliki kabar gembira atau pencapaian nantinya? (LiveAbout/ja/hm10)