30 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

4 Cara Mengontrol Kemarahan dengan Ampuh

Jakarta, MISTAR.ID

Setiap orang pasti pernah merasa emosi sehingga ingin sekali marah. Hal ini terbilang manusiawi untuk terjadi. Namun, jika masalah ini terlalu sering terjadi, tentunya perlu dilakukan kontrol yang baik. Tujuannya agar amarah tidak merugikan diri dan orang lain.

Berikut beberapa tips mengontrol kemarahan agar tidak berlebihan.

  1. Ambil Napas Panjang

Ketika kamu sedang kesal, cobalah untuk menenangkan diri sejenak dengan mengambil napas panjang lalu keluarkan. Lakukan hal tersebut beberapa kali sampai emosimu mereda. Setelah sudah bisa berpikir jernih, cobalah ungkapkan rasa frustrasi yang dirasakan dengan tegas tetapi tidak konfrontatif. Katakan hal tersebut tanpa menyakiti orang lain.

Baca Juga:Ini Dampak Bila Orangtua Sering Marahi Anak Saat Belajar

  1. Tenangkan Diri di Tempat Sepi

Jika dirasa kemarahan sudah memuncak, cobalah untuk beristirahat sejenak di tempat sepi sambil menenangkan diri. Cara mengontrol kemarahan ini terbilang efektif untuk meredam emosi. Sebab, jika tetap meneruskan aktivitas yang sedang dilakukan, masalah yang terjadi dapat lebih besar dan situasi semakin buruk. Pastikan menarik diri dan mencari tempat sepi untuk menenangkan diri.

  1. Lakukan Aktivitas Fisik

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengontrol kemarahan adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Sebab, hal ini dapat membantu diri untuk mengurangi perasaan stres yang menimbulkan emosi. Jika rasa emosi terus naik, cobalah untuk melakukan jalan cepat atau naik-turun tangga. Dengan begitu, perasaan tertekan tersebut dapat menghilang.

  1. Basuh Wajah

Cara lainnya untuk mengontrol kemarahan adalah dengan mendinginkan tubuh dengan cara membasuh wajah. Cobalah untuk pergi ke kamar mandi sejenak dan basuh wajah dengan air dingin. Dengan begitu, suhu tubuh yang meningkat saat sedang emosi dapat menurun. (halodoc/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: