31 C
Medan
Sunday, May 29, 2022
spot_img

10 Skill yang Paling Dibutuhkan di Masa Depan

Jakarta, MISTAR.ID

Kehidupan di zaman sekarang tentu tidak lepas dari berbagai kemudahan namun juga ada sejumlah tantangan baru. Tingginya persaingan untuk sukses di dunia karir begitu ketat, apalagi dengan pasca pandemi Covid-19 saat ini, banyak sekali perusahaan berlomba-lomba untuk bertahan dan memilih tenaga kerja berkualitas untuk tetap bisa membangkitkan lagi perusahaannya.

Untuk itu, sebelum kamu melangkah ke jenjang karir ada baiknya mempersiapkan skill atau kemampuan yang dibutuhkan di masa depan. Melansir dari laman Binus, berikut 10 skill yang dibutuhkan di masa depan bagi para mahasiswa.

  1. Kreatif

Berlatihlah untuk menjadi orang yang kreatif. Dari orang kreatif akan adan ide-ide baru yang terus bermunculan dan berguna bagi banyak orang. Kreativitas dapat diasah dengan banyak membaca buku, menonton berita, atau menonton youtube. Dengan banyaknya ilmu yang dicari, kamu akan menemukan peluang untuk inovasi baru untuk kehidupan di masa depan.

Baca Juga:‘Soft Skill’ yang Anda Perlukan untuk Sukses dalam Pekerjaan

  1. Kemampuan menyelesaikan masalah

Dalam dunia kerja, pasti akan ada masalah yang datang dalam berbagai bentuk. contohnya masalah komunikasi antar karyawan yang jelas tidak mungkin terhindarkan atau masalah yang ditimbulkan karena kesalah pahaman yang sering terjadi. Untuk itu, kamu harus memiliki skill dalam mencari solusi atas permasalah tersebut. Masalah akan selalu ada, tetapi ketika solusi telah tersedia, harapannya tidak akan timbul masalah baru yang akan membuat pekerjaan menjadi kacau.

  1. Kerja sama tim

Saat ini sudah bukan lagi era kompetisi, tetapi kolaborasi. Untuk menciptakan kolaborasi yang baik, kamu harus memiliki kemampuan bekerja sama dengan tim. Dari kolaborasi yang baik akan membentuk tim yang solid sehingga kerja sama terus dapat dilakukan tanpa banyak terjadi kesalahpahaman. Kunci dari kerja sama dalam tim adalah kemampuan komunikasi yang baik antar anggota tim.

  1. Kepemimpinan

Meskipun kamu tidak tertarik dalam dunia leadership, tetapi kamu tentu harus mempelajari dan mampu untuk menguasainya. Kepemimpinan dapat dilatih dengan keberanian untuk melihat peluang ketika kesempatan itu datang.

Baca Juga:Pertamina Ajak Ratusan Mitranya Ikuti Upskilling Pengelolaan LingkunganĀ 

  1. Kemampuan negosiasi

Kemampuan untuk bernegosiasi penting dimiliki ketika kamu bekerja sama dengan perusahaan lain. Kunci dari negosiasi adalah mampu meyakinkan orang lain untuk percaya terhadap apa yang kamu katakan.

  1. Manajemen waktu

Dalam dunia kerja, menjadi orang yang tepat waktu sangatlah berharga. Kamu akan dihargai oleh orang lain saat mampu menghargai waktu yang sudah mereka berikan untukmu. Mulailah dengan membuat timeline atau jadwal untuk kegiatan sehari-hari sehingga saat menghabiskan waktu antara bekerja, belajar, bermain dan sosial media bisa seimbang.

  1. Kemampuan mengambil keputusan

Mudah mengambil keputusan yang tepat memang tidak mudah. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan, berlatihlah untuk mempertimbangkan segala hal dengan banyak membaca buku serta belajar dari pengalaman orang lain.

Baca Juga:Grand Design Menuju Indonesia Emas 2045 di Medan, Erick: Generasi Indonesia Harus Produktif

  1. Kemampuan mengendalikan emosi

Jika kamu mampu mengendalikan setiap emosi yang dialami dalam dunia pekerjaan, lalu mengeluarkannya di saat yang tepat maka kamu dapat terbebas dari perasaan stres dan tertekan. Tetap berperilaku profesional dan jangan mudah terpengaruh oleh emosi sesaat yang dapat mendatangkan masalah.

  1. Berpikir kritis

Di zaman teknologi berkambang saat ini, semua informasi bisa datang dan kita peroleh dari mana saja dan kapan saja. Dengan memiliki pola pikir yang kritis kamu dapat menyaring setiap informasi yang Anda terima lalu membagikannya secara bijak. Karena dari informasi yang dibagikan tanpa disaring terlebih dahulu akan membuat seseorang terlihat kurang profesional.

  1. Networking

Memiliki networking sangat berpengaruh dalam membangun karir. Semakin luas networking yang dibangun akan semakin besar datangnya peluang dan kesempatan. Lakukan banyak kegiatan di komunitasmu, atau organisasi yang baik untuk dunia kariermu. (kompas/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: